Asyik... PBB Lunas, Pemdes Diguyur Motor

Asyik... PBB Lunas, Pemdes Diguyur Motor

Kabid Pendapatan 2 Bappenda Kuningan (Agus Sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Akhir tahun ini, seratus pemerintahan desa (pemdes) di Kabupaten Kuningan bakal memiliki aset baru berupa kendaraan roda dua. Rencananya, 100 motor tersebut akan diserahkan Bappenda Kuningan saat acara bulan panutan pajak yang biasanya digelar menjelang akhir tahun.

Dari dua kali penyelenggaraan sebelumnya, Bappenda sudah menyerahkan 175 motor bagi desa desa yang lunas PBB lebih cepat. 

Kabid Pendapatan II Bappenda Kuningan, Tonny PM menerangkan, di tahun 2020, Bappenda menggelontorkan 75 motor. Setahun kemudian tepatnya 2021, giliran 100 desa yang menerima motor. Dan untuk tahun ini, Bappenda sudah menyiapkan 100 motor.
 
 
Selain motor, Bappenda juga akan memberikan reward kepada desa desa yang PBB nya lunas lebih cepat. Reward itu berupa barang elektronik dan juga uang pembinaan yang besarannya tidak ditentukan. 
 
Menurut Tonny, pemberian reward di luar motor, sebagai bentuk rasa asih dan kepedulian atas kinerja pemdes dalam menyukseskan program PBB. Sebagai garda paling depan di desa, peran pemdes sangat luar biasa. Bahkan banyak pemdes yang bergerak cepat melunasi PBB meski waktu jatuh tempo cukup lama. 
 
"Ini yang sangat kami apresiasi. Jadi, tak ada salahnya jika kemudian ada reward lain bagi desa. Kami juga tak memilah milah desa dengan PBB kecil maupun besar. Semua sama. Punya semangat yang sangat luar biasa dalam upaya percepatan pelunasan PBB. Sokongan ini dirasakan betul oleh Bappenda," ujar Tonny, Kamis 29 September 2022.
 
 
Tonny yang didampingi Kasubid Pemungutan, Penagihan PBB dan BPHTB, Uhan menambahkan, ratusan motor bagi pemdes ini berasal dari program PBB. Targetnya, desa dan kelurahan di Kabupaten Kuningan seluruhnya mendapatkan motor. Saat ini dari dua kali program yang sudah digelar, baru 175 motor ditambah tahun ini 100 motor.
 
"Masih tersisa 101 motor lagi. Ini untuk program tahun depan. Jumlah desa dan kelurahan di Kuningan sebanyak 176. Jadi, masih kurang 101 kendaraan. Insya Allah tahun depan terealisir semua," janji Tonny.
 
 
Bukan hanya pemdes yang menerima motor namun juga Sekretaris Kecamatan atau Sekmat. Dari program ini baru 15 Sekmat yang sudah menerima motor, masih tersisa 17 kecamatan lagi. Sekmat juga memiliki peran besar dalam pelunasan PBB sehingga layak untuk mendapatkan penghargaan. 
 
Untuk target PBB tahun ini, Tonny mengungkapkan jika Bappenda sudah dipatok target 34 miliar. Kemudian di perubahan kembali target tersebut ditambah 1 miliar. Total semuanya 35 miliar.
 
Meski ada kenaikan 1 miliat, namun Tonny optimistis akan tercapai. Apalagi sampai sekarang sudah 96 persen pencapain target. "Sangat yakin tercapai. Sekarang saja sudah mencapai 96 persen, tinggal sedikit lagi," jawabnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: