Ingin Operasi Katarak Gratis di Kuningan? Begini Cara Daftarnya

Ingin Operasi Katarak Gratis di Kuningan? Begini Cara Daftarnya

Bupati Kuningan menerima pengahraan sebagai kabupaten pendonor mata terbanyak di Indonesia.-Ist-Radar Kuningan

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN.COM - Bagi warga Kabupaten KUNINGAN yang menderita katarak mata dan memerlukan operasi, tidak perlu khawatir, kini bisa mengikuti operasi gratis.

Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kuningan Dr Deni Hamdani MSi, pihaknya kini sudah menyediakan layanan operasi katarak secara gratis.

Bekerjasama dengan Eye Center, Dinsos Kuningan membuka layanan operasi katarak bagi yang terkendala biaya.

“Bagi warga Kuningan yang memiliki potensi penyakit katarak dan terkendala biaya untuk melakukan operasi, tidak perlu khawatir," ucap Deni Hamdani saat acara Fun Walk World Sight Day di Kompleks Pandapa Paramarta Kuningan, Minggu 16 Oktober 2022.

BACA JUGA:Wagub Jabar: Alhamdulillah, di Kabupaten Kuningan Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

Deni menyarankan, untuk warga yang ingin mengikuti operasi katarak mata, harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

"Kami dari dinas sosial telah melakukan kesepakatan dengan Kuningan Eye Center akan memberikan layanan operasi katarak gratis. Tinggal daftar saja melalui aplikasi Sinyaman Dinsosku," ujar Deni.

Deni juga menghimbau, kepada warga Kuningan untuk tidak bosan memberikan bantuan kepada para penderita penglihatan.

"Membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan transplantasi kornea mata, dengan menjadi calon donor kornea mata,” ungkap Deni.

BACA JUGA:Ribuan Inovator TTG Nusantara, Berkumpul di Kota Cirebon

Saat ini, lanjut Deni, Kabupaten Kuningan memiliki 4.000 calon donor mata, di mana sebagian besar didominasi masyarakat Desa Manis Lor, Kecamatan Jalaksana. 

Atas hal tersebut, sambung Deni, sebagai orang Kuningan patut berbangga, karena mendapat penghargaan sebagai kabupaten dengan penyumbang donor mata terbanyak di Indonesia.

Dikatakan Deni, selain menggelar Fun Walk World Sight Day, dalam memperingati Hari Penglihatan Sedunia tingkat Kabupaten Kuningan, sebelumnya juga telah dilaksanakan bakti sosial.

Bakti sosial digelar berupa operasi katarak bagi 50 pasien dan pembagian sembako, serta pelantikan pengurus Bank Mata Kuningan Periode 2022-2027.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: