Mantap... Pemkab Kuningan Raiih Penghargaan Gerakan Menuju Smart City

Mantap... Pemkab Kuningan Raiih Penghargaan Gerakan Menuju Smart City

Bupati Acep Purnama mengangkat penghargaan gerakan menuju kota cerdas, didampingi Kadiskominfo, Wahyu Hidayah --

Radarkuningan.com, JAKARTA–Bupati Acep Purnama menerima penghargaan Gerakan Menuju Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementrian Kominfo) RI. Penghargaan diberikan atas  keberhasilan menyusun rencana induk (master plan) pembangunan berbasis smart city dalam menjawab tantangan dan peluang yang dihadapi masing-masing daerah, bertempat di Jakarta Pusat, Kamis 1 Desember 2022. 

Penghargaan kepada Bupati Acep yang didampingi Kepala Diskominfo Kuningan, Wahyu Hidayah dan Kepala Bidang Aplikasi  Hj Engking Sarki, diserahkan oleh Menkominfo Johnny G Plate melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. Penyerahan penghargaan ini juga disaksikan Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) Kementerian Kominfo, Bambang Dwi Anggono serta tamu yang hadir.

BACA JUGA:Direktur PDAU Bantah Kelola Linggarjati Indah

Seminar dan pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022 yang bertema “Recover Together, Recover Stronger”, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis digital yang kolaboratif, inklusif, dan berkelanjutan.

Dirjen Aptika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan,  Gerakan Menuju Smart City adalah sebuah inisiatif bersama antara Kominfo melalui kolaborasi dengan berbagai elemen dalam mendorong pembangunan berbasis Smart City di Indonesia.

BACA JUGA:Satlantas Polres Kuningan Sosialisasi Tilang Elektronik

“Gerakan Menuju Smart City adalah gerakan yang bertujuan membimbing pemerintah kota/kabupaten dalam merencanakan pembangunan berbasis inovasi dan teknologi,” kata Semuel.

Semuel menjelaskan, Gerakan Menuju Smart City telah dimulai sejak tahun 2017. Di  tahun 2019, program tersebut telah berhasil memasilitasi 100 kabupaten dan kota di 23 provinsi dalam menyusun rencana induk atau master plan Smart City.

BACA JUGA:Perlawanan Empat Fraksi Berakhir, Anggaran Lahan JLTS Tetap Dialokasikan

Sementara Bupati Acep Purnama menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diterima. Hal tersebut merupakan bagian dari hasil kinerja Pemkab Kuningan melalui Diskominfo Kuningan dengan dukungan dari seluruh jajaran perangkat daerah dan masyarakat dalam mendukung suksesnya gerakan Smart City di Kabupaten Kuningan.

“Penghargaan ini menjadi motivasi kita, agar program Smart City lebih baik lagi kedepannya. Sehingga memberi manfaat kepada masyarakat,” ungkap Bupati Acep. 

BACA JUGA:Masih Defisit Ratusan Miliar, RAPBD 2023 Resmi Disahkan

Kepala Diskominfo Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah  menerangkan,  Kota Cerdas bukan hanya sekadar bentuk perubahan sistem pemerintahan dalam transformasi digital. Melainkan untuk menciptakan daerah dengan pelayanan yang berkelanjutan.

”Alhamdulillah apresiasi untuk warga Kuningan, perangkat daerah dan semua pihak yang terlibat dalam mendukung menuju Kuningan Smart City, karena  dari 50 kabupaten/kota Tahun 2022, Kuningan masuk seleksi gerakan menuju smart city, semoga bisa menjadi motivasi dalam upaya  peningkatan tujuan kolaborasi bersama dalam rangka mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai Kota Cerdas,” ucapnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: