Akhir Tahun, Kunjungan Wisatawan Ditarget Capai 5 Juta

Akhir Tahun, Kunjungan Wisatawan Ditarget Capai 5 Juta

Disporapar Kuningan menargetkan lima juta wisatawan sepanjang Januari-Desembet 2022. (Agus Sugiarto) --

Radarkuningan.com, KUNINGAN - Minat wisatawan untuk menikmati berbagai objek wisata yang ada di Kabupaten Kuningan, terbilang cukup tinggi. Itu dibuktikan dengan catatan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan yang mencatat angka kunjungan wisata selama kurun waktu Januari-Oktober 2022 sudah mencapai 3,8 juta. 

Malahan ditargetkan hingga akhir tahun nanti jumlahnya bisa mencapai 5 juta pengunjung. Dengan sisa waktu yang ada sampai akhir tahun ini, target yang dicanangkan yakin bisa tercapai. Terlebih para owner objek wisata terus menambah fasilitas sarana dan prasarana pendukungnya untuk kenyamanan wisatawan.
 

Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan, Toto Toharuddin mengatakan, angka kunjungan wisata Kabupaten Kuningan tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding dua tahun terakhir. Disebutkan Toto, angka kunjungan wisata pada tahun 2020 hanya di kisaran 2,4 juta pengunjung sedangkan di tahun 2021 naik menjadi 2,6 juta.

"Pandemi Covid-19 menyebabkan angka kunjungan wisata Kabupaten Kuningan turun drastis, dibandingkan dengan tahun 2019 yang mencapai 4,7 juta. Alhamdulillah di tahun 2022 dar Januari hingga Oktober kemarin terdata sudah 3,8 juta. Insya Allah, dalam dua bulan terakhir sebagai puncak kunjungan wisata bisa mengejar angka kunjungan wisata hingga 5 juta," ujar Toto kepada radarkuningan.com, Jumat 16 Desember 2022.
 
BACA JUGA:Mantap, 30 Miliar untuk Pembebasan Lahan Jalan Lingkar Timur Selatan

Terlebih di bulan Desember ini sedang berlangsung even Tour de Linggarjati ditambah libur natal dan tahun baru. Semua itu bisa menjadikan kunjungan wisata Kuningan kembali meningkat. Sehingga, Toto berkeyakinan estimasi kunjungan wisata selama tahun 2022 ini bisa mencapai 5 juta pengunjung bisa tercapai.

"Kita belum melakukan penghitungan kunjungan wista selama bulan November dan Desember. Namun, berdasarkan estimasi kami dengan mempertimbangkan sejumlah even wisata dan libur nasional, Insya Allah jumlah kunjungan wisata hingga akhir tahun nanti bisa mencapai 5 juta," ucap Toto dengan penuh keyakinan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: