Soedjarwo: Calon Kadis PUTR, Harus Cerdik dan Tangguh dari Ridwan

Soedjarwo: Calon Kadis PUTR, Harus Cerdik dan Tangguh dari Ridwan

Pengamat kebijakan daerah, Soedjarwo BA--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Kekosongan jabatan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) bakal terjadi di lingkungan Pemkab Kuningan. Saat ini satu SKPD yang kosong lantaran pejabatnya meninggal dunia. Yakni Kepala BKPSDM, Almarhumah Dian Fenti Asmara. Bupati Acep Purnama sendiri sudah menunjuk Plt kepala BKSDM Ucu Suryana. 

Kepala SKPD lainnya yang tidak lagi akan kosong yaitu Kepala DPUTR. Seperti diketahui, HM Ridwan Setiawan bakal pensiun akhir bulan ini. Berarti per 1 Januari 2023, jabatan itu akan diemban oleh pejabat pelaksana tugas (Plt). Karena jabatan kepala DPUTR sangat strategis, kemungkinan bupati akan menunjuk pejabat defenitif menggantikan Ridwan.
 
BACA JUGA:Ini Dia Tiga Calon Kadis PUTR, Pengganti Ridwan Setiawan
 
Pemerhati kebijakan daerah, Soedjarwo BA menganalisa, jika pengisian posisi Kadis PUTR yang dalam hitungan hari akan ditinggal pensiun oleh Ridwan Setiawan kemungkinan akan dilakukan tanpa melalui mekanisme lelang jabatan atau open bidding. 
 
"Karena itu, semua birokrat yg saat ini menempati posisi Eselon IIb yaitu Kepala Badan dan Kepala Dinas memiliki peluang yang sama. Tentunya untuk mendapat kepercayaan sebagai pimpinan dari SKPD yg dikenal 'seksi' tersebut," sebut Soedjarwo, Rabu 21 Desember 2022.
 
 
Namun tentunya bupati selaku pemangku kebijakan melalui Baperjakat,  tidak akan gegabah menempatkan sosok birokrat sebagau Kadis pada SKPD yg relatif dinamis itu. Sosok teraebut kalaupun tidak secerdik dan setangguh Ridwan Setiawan, minimal memiliki kecerdikan dan ketangguhan yang tidak terlalu jauh dari sosok mantan Sekwan terlama itu.  
 
"Saya kira siapapun yang akan ditunjuk sebagai Kadis PUTR mendatang, wajib mempunyai kecerdikan dan ketangguhan yang melebihi Ridwa. Mengingat cukup strategisnya jabatan Kadis PUTR,  diprediksi pengisianya tidak akan melalui mekanisme lelang jabatan," sebut pengamat yang di masa mudanya pernah berkarir menjadi wartawan itu.
 
 
Kendati keputusan akhir siapa yang akan diberi amanah untuk mrenjadi Kadis PUTR sepenuhnya merupakan kewenangan bupati. Soedjarwo yakin  bupati akan mempertimbangkan hasil dari uji kompetisi dan evaluasi yang akan segera dilakukan Pemkab Kuningan.  
 
"Guna mengisi kekosongan, tidak mustahil akan diisi terlebih dahulu oleh pejabat dengan status Plt. Posisi Plt bisa ditarik ke atas (dijabat oleh Sekda), atau oleh Kepala Badan/Kadis yang dinilai layak dan mumpuni," duga Soedjarwo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: