Ridwan Pensiun, Ini Dua Calon Plt Kadis PUTR

Ridwan Pensiun, Ini Dua Calon Plt Kadis PUTR

Ridwan Setiawan, Sekretaris Dinas, Kabid Bina Marga serta istri dan pegawai di hari terakhir bekerja sebelum pensiun. (Agus Sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Per 1 Januari 2023, posisi Kepala Dinas PUTR Kuningan kosong. Ini setelah HM Ridwan Setiawan resmi purna bakti.

Untuk sementara jabatan itu akan dipegang pejabat pelaksana tugas atau Plt sampai pejabat definitif hasil rotasi ditetapkan Bupati Acep Purnama.

Ada dua kandidat Plt Kapala Dinas PUTR yang sudah dikantong bupati. Yakni Kepala DPKPP, I Putu Bagiasna dan Usep Sumirat, Kepala Bappeda.

BACA JUGA:Jalan Arah Palutungan Sempit, Bus Besar Wajib Parkir di Cisantana

Kedua pejabat Eselon II calon Plt tersebut memiliki kemampuan perencanaan yang matang. Baik Putu maupun Usep sama sama satu angkatan saat naik ke posisi Eselon II, tiga tahun silam.

Pemerhati kebijakan daerah, Soedjarwo BA menilai, berdasarkan pengalaman kerja di lapangan, Putu dianggap lebih mumpuni menjadi Plt Kepala Dinas PUTR. Dia berandil besar dalam penyediaan rumah bagi warga Kawungsari, Kecamatan Cibeureum yang bedol desa karena pembangunan bendungan Kuningan.

BACA JUGA:Mendadak Muntah Darah dan Hampir Pingsan, Warga Cikupa Ditolong Dua Polisi

Belum lagi berhasil membangun ribuan rumah dari program rumah tidak layak huni (rutlihau). Pembebasan lahan untuk pembangunan jalan lingkar timur selatan (JLTS). Ditambah lagi, kantor DPKPP bersebelahan dengan Dinas PUTR. 

"Sehingga tidak akan mengganggu ritme pekerjaannya. Saya melihatnya Pak Putu sudah teruji menangani pembangunan infrastruktur. Apalagi dia hubungannya dengan pejabat Kementrian PUTR RI sangat bagus," kata Soedjarwo, Senin 2 Januari 2023.

BACA JUGA:Liburan Tahun Baru, Kendaraan Padati Jalan Raya Cilimus

Hanya saja Soedjarwo mendengar kabar jika Bupati Acep lebih cenderung menyukai Usep Sumirat untuk menjabat sebagai Plt. "Itu yang informssi yang saya dapat. Tapi siapa yang nantinya ditunjuk Plt, itu sepenuhnya kewenangan bupati," sebut mantan wartawan Bandung Pos tersebut 

Plt Kepala BKPSDM, Ucu Suryana kepada radarkuningan.com mengaku belum menerima instruksi dari bupati untuk membuat surat usulan pengajuan Plt Dinas PUTR. Pihaknya akan bergerak cepat jika sudah ada perintah. 

"Sampai hari ini belum ada perintah untuk menyiapkan surat penunjukkan pejabat pelaksana tugas. Kalau kami di BKPSDM siap kapan saja. Mungkin nanti saat hari kerja mulai," ujar Ucu. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: