Gara gara Tiang Jembatan, Sungai Cariang Cibingbin Meluap

Gara gara Tiang Jembatan, Sungai Cariang Cibingbin Meluap

Jalan di depan SMK Cibening, Cibingbin tergenang air sungai yang meluap dari kali Cariang, Selasa siang 17 Januari 2023.--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Hujan deras di bagian hulu menyebabkan Sungai Cariang, Deaa/Kecamatan Cibingbin, Kuningan meluap, Selasa siang 17 Januari 2023. Luapan air sungai menggenangi badan jalan dan halaman rumah penduduk. Akibat badan jalan tertutup limpasan air sungai, arus lalulintas di sekitar lokasi tersebut terhambat.

Kepala Desa Cibingbin, Aris Mushadat menerangkan pemicu banjir yang menggenangi wilayahnya. Yakni hujan deras di bagian hulu sungai dan adanya tiang penyangga di tengah jembatan. Cibingbin sendiri dilewati tiga sungai yaitu Cijangkelok, Cikondang dan Cariang. Ada lima jembatan dengan tiang di tengahnya yang melintang di atas sungai.
 
 
"Hujan cukup deras di bagian hulu membuat arus sungai Cariang meluap. Untungnya luapan sungai tidak sampai ke pemukiman penduduk. Hanta badan jalan dan halaman rumah saja yang tergenang," papar Aris kepada radarkuningan.com, Selasa sore 17 Januari 2023. 
 
Aris mengatakan, meluapnya kali Cariang disebabkan beberapa jembatan memiliki tiang di bagian tengahnya. Sehingga aliran derasnya air sungai menjadi terhambat, dan akhirnya meluap ke badan jalan. "Cariang merupakan anak sungai Cijangkelok. Sungai ini berada di sisi Cibingbin arah perbatasan. Berdekatan dengan SMK Cibening. Gedung sekolah aman, hanya halamannya saja yang tergenang," tutur Aris.
 
 
Dia menambahkan, meluapnya sungai Cariang tidak merendam pemukiman penduduk. Hanya badan jalan dan halaman saja yang terlimpas luapan air.
 
"Badan jalan yang tergenang membuat antrean kendaraan roda dan empat. Ya agak terhambat dengan adanya banjir ini. Kami juga sudah melaporkan kejadian ini ke pihak kecamatan dan juga BPBD," ujar Aris. 
 
 
Kepada warganya, Aris mengimbau untuk selalu waspada. Karena curah hujan cukup tinggi dan wilayah Cibingbin dilewati tiga sungai, sehingga berpotensi banjir.
 
"Kami selalu mengimbau warga terutama yang rumahnya berdekatan dengan sungai untuk waspada ketika hujan. Takutnya air sungai tiba tiba meluap ke pemukiman penduduk," ungkap Aris. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: