Jalan Margabakti-Bunigeulis Terancam Putus, Ini Kondisinya

Jalan Margabakti-Bunigeulis Terancam Putus, Ini Kondisinya

Jalan penghubung kabupaten Desa Margabakti dengan Bunigeulis terancam putus akibat langsung longsor. --

RADARKUNINGAN.COM, KUNINGAN- Jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Margabakti Kecamatan Kadugede dengan Bunigeulis Kecamatan Hantara terancam putus. Saat ini bahu jalan sudah ambrol akibat tergerus air hujan selama berjam jam. Pihak kepolisian dari Polsek Kadugede terjun ke lokasi dan memasang police line.
 
Di bawah jalan sendiri terdapat dua gorong gorong yang juga kondisinya kini terancam tersumbat material tanah longsor. Jika kembali terjadi hujan deras, dikhawatirkan badan jalan akan semakin terkikis. 
 
 
"Bahu jalan sudah amblas sebagian. Material tanah yang longsor ada yang menutupi saluran air di bawahnya, sehingga arus air terhambat," terang Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, Jumat sore 27 Januari 2023.
 
Indra menerangkan, di Desa Margabakti, ada tiga titik longsor yang terjadi pada Kamis malam 26 Januari 2023 sekitar pukul 21.05. Semuanya berada di Dusun Kliwon RT 06 RW 03. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
 
"Ada tiga titik longsor di Desa Margabakti. Yakni jalur gorong-gorong aliran air Lebak Jero tersumbat akibat aliran air yang
membawa material pasir, batu dan sampah menyebabkan gorong-gorong rusak dan TPT," ujarnya. 
 
 
Akibatnya, bahu jalan akses jalan kabupaten penghubung antar Desa Margabakti - Desa Bunigeulis longsor sepanjang 6,5 meter. Akses jalan terancam terbawa longsor. Kemudian 
satu jalur gorong-gorong aliran air juga terancam tertutup longsoran tebing di bagian 
atasnya.
 
"Sedangkan satu gorong gorong lainnya sudah tertutup material batu dan pasir 
yang terbawa oleh aliran air. Menyebabkan gorong-gorong rusak dan air meluap ke akses 
jalan kabupaten penghubung antar desa," ungkap Indra Bayu.
 
 
Penanganan lanjutan berdasarkan hasil peninjauan dan koordinasi bersama Dinas 
PUTR, lanjut Indra Bayu, rencananya akan dibuatkan jembatan sebagai pengganti instalasi gorong gorong mengalami kerusakan. Selain itu juga dipasang TPT dititik yang terancam. 
 
Sedangkan untuk memudahkan akses masyarakat akan dilakukan pengerahan massa guna membersihkan material 
longsoran, batu dan pasir. Juga dilakukan penyedotan air menggunakan waterpump "Pembersihan ini sudah disepakati dilangsungkan hari Sabtu, 28 Januari 2023 pukul 07.00 WIB," pungkas Indra. (Agus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: