4 Pemilik SPBU di Kuningan, Ada Nama Mantan Manajer Persija Jakarta

4 Pemilik SPBU di Kuningan, Ada Nama Mantan Manajer Persija Jakarta

Salah satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) milik pengusaha terkaya di Kuningan. (Agus Sugiarto)--

RADARKUNINGAN.COM, KUNINGAN- Gurita bisnis yang dibangun para pengusaha kaya Kuningan, merambah berbagai sektor. Seperti toko retail, perumahan, rumah sakit, peternakan, toserba, jasa transportasi, SPBU, diler motor dan usaha lainnya menjadi pendulang pundi pundi rupIah bagi si empunya modal.

Hadirnya beragam usaha yang didirikan pengusaha itu berimbas terhadap masyarakat Kuningan. Antara lain berkurangnya pengangguran dan juga ekonomi masyarakat di lokasi usaha terkerek. Banyak warga Kuningan yang terserap lapangan kerja yang dibuka para pengusaha tersebut.

BACA JUGA:INI DIA, Tugas Pansus Gagal Bayar Usulan Fraksi DPRD Kuningan

 
Contohnya SPBU. Di Kabupaten Kuningan sendiri ada sekitar 20 pom bensin yang tersebar di berbagai kecamatan. Pemiliknya adalah pengusaha dari Kuningan dan juga dari Cirebon. Ada nama Dudung Dulajid, Rohmat Ardiyan, almarhum mantan Bupati Kuningan, Aang Hamid Suganda dan keluarga pemilik PO Luragung, Koesmapradja. 
 
Sebelum sukses seperti sekarang, para pemilik SPBU ini merasakan pahit getirnya menjalankan roda bisnisnya. Saat ini, keempat orang itu memiliki lebih dari satu pom bensin. Inilah empat pemilik SPBU di Kabupaten Kuningan. Dua diantaranya sudah meninggal dunia namun kiprahnya masih diingat masyarakat Kuningan.
 
 
1. H Dudung Dulajid
Pengusaha ini sama sekali tidak pernah terlibat politik praktis. Padahal kesempatan menjadi wakil rakyat atau menjadi Bupati Kuningan sangat terbuka. Ditunjang finansial yang kuat dan ribuan mitra usaha peternakan ayamnya, Dudung bisa melenggang ke singgasana kursi bupati.
 
Tapi itu semua tidak menarik minat Dudung. Pria berpembawaan kalem itu memilih konsen mengembangkan usahanya. Dudung termasuk orang terkaya di Kuningan. Asetnya pun menyebar. Peternakan ayam broiler, diler motor, perumahan dan SPBU menjadi ladang bisnisnya. Dudung mempunyai lebih dari satu SPBU yakni di Jalan Raya Manislor dan Jalan Raya Mandirancan.
 
 
2. H Rochmat Ardiyan
Nama pengusaha yang sangat mencintai Kuningan itu dikenal dermawan dan ramah. Rochmat Ardiyan memulai debut bisnisnya di era awal tahun 2000 an. Diawali dengan membuka toko busana dan aksesoris di pusat kota Kuningan, perlahan namun pasti, bisnis yang dikelolanya semakin melejit. 
 
Ardiyan pun merambah bisnis toko modern,  SPBU, wisata kuliner di Palutungan dan mendirikan rumah sakit umum. Kendati toko modern dan SPBU banyak yang dimilikinya di luar Kuningan, namun saking cintanya dengan kota berhawa sejuk itu, Ardiyan memilih mendirikan kantor pusat perusahaannya di Kuningan. Untuk di Kuningan sendiri, Ardiyan yang juga pengusaha terkaya di Kota Kuda itu memiliki lebih dari satu SPBU dan SPBE.
 
 
3. H Koesmadipradja
Setiap warga Kuningan pasti tahu bus Luragung Jaya. Namun jika ditanya siapa pemilik PO bus legendaris tersebut, tentu tidak semua orang tahu. Adalah Koesmadipraja, warga Desa Luragung, Kecamatan Luragung. Beliau kini sudah meninggal dan roda bisnisnya dijalankan keluarga besarnya 
 
Sebelum terjun ke dunia bisnis jasa transportasi, Koesmadipradja adalah pengusaha hasil bumi. Berawal dari empat unit bekas yang dibelinya dari PO Serayu, perjalanan bisnis transportasinya dimulai. Dia memberi nama busnya PO Luragung Jaya. Jumlah bus PO Luragung Jaya mencapai ratusan. Selain itu, dia juga mendirikan SPBU untuk menunjang bisnis transportasinya.
 
 
4. H Aang Hamid Suganda
Sebelum menjadi Bupati Kuningan di tahun 2003, Almarhum H Aang Hamid Suganda adalah pengusaha sukses di Kota Bogor. Lelaki kelahiran Kelurahan Winduhaji, Kuningan itu memiliki beberapa perusahaan di Kota Bogor. Bahkan Almarhum pernah menjadi Manajer Persija Jakarta.
 
Selama dua periode, almarhum memimpin Kabupaten Kuningan. Aang sangat sukses membangun tanah kelahirannya. Aang lah yang menginisiasi pembangunan jalan lingkar timur, taman kota, kebun raya Kuningan dan Bendungan Kuningan. Untuk dunia bisnis, almarhum membangun RS Jantung Hasna Medika di Cigugur, dan beberapa SPBU. (Agus)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: