Mantan Calon Wakil Bupati Kembali Nyaleg, Bidik Kursi DPRD Kuningan

Mantan Calon Wakil Bupati Kembali Nyaleg, Bidik Kursi DPRD Kuningan

Mantan Calon Wakil Bupati Kuningan di Pilbup 2008, Iwan Sonjaya memastikan diri untuk nyaleg DPRD Kuningan. --

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 untuk DPRD Kuningan diprediksi bakal sengit. Sejumlah nama nama beken menghiasi susunan daftar calon sementara (DCS) setiap partai peserta pemilu.

Ditambah lagi sistem pemilu nanti diperkirakan tetap akan menggunakan sistem pemilu terbuka. 

 
Dengan sistem ini, setiap caleg meski satu partai,  tetap akan bersaing secara ketat. Sebab yang berhak duduk di kursi parlemen daerah adalah caleg dengan suara terbanyak dalam Pileg dari daerah pemilihannya.
 
Sedangkan sistem tertutup yakni dengan nomor urut bukan suara terbanyak. 
 
 
Sistem terbuka ini dianggap para ketua partai lebih menguntungkan. Karena partai tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.
 
Tak pelak, banyak bacaleg yang memiliki latar belakang pengusaha, mantan wakil rakyat, pensiunan pemerintahan, bahkan mantan calon wakil bupati kembali mendaftar sebagai bacaleg. 
 
Ini juga yang dilakukan mantan Calon Wakil Bupati Kuningan, Iwan Sonjaya. Iwan diketahui pernah menjadi penantang, almarhum Bupati H Aang Hamid Suganda pada Pemilihan Bupati 2008.
 
Saat itu, Iwan berpasangan dengan almarhum H Aan Suharso, mantan Sekda Kuningan. 
 
 
Sayangnya, pasangan Aan dan Iwan dikalahkan pasangan Aang-Momon Rochmana. Ketika maju di Pilbup 2008, Iwan duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Kuningan dari PKS.
 
Jabatan lain yang sempat diembannya di partai yakni sebagai Sekretaris DPD PKS Kuningan.
 
"Memang betul saya pernah maju di Pilbup berpasangan dengan almarhum, Pak Aan Suharso. Tapi suara kami tidak sesuai harapan alias gagal," kata Iwan kepada radarkuningan.com.
 
 
Di Pileg 2009, Iwan kembali maju untuk DPRD Kuningan. Namun rupanya Dewi Fortuna tak berpihak kepada dirinya karena tidak terpilih.
 
Saat Pileg 2014, Iwan mencoba peruntungannya untuk melenggang ke DPR RI. 
 
"Saya satu periode di DPRD Kuningan. Tapi ketika mencoba lagi di Pileg 2009, saya tak berhasil. Di Pileg 2014 juga saya sempat maju untuk DPR RI, tapi ya tidak lolos," cerita Iwan, Rabu 1 Maret 2023.
 
 
Meski sudah dua kali gagal Nyaleg, namun tak menyurutkan semangat Iwan untuk kembali bersaing di Pileg 2024.
 
Dia sudah memantapkan diri untuk maju ke DPRD Kuningan dari Daerah Pemilihan Kuningan V. Partai yang dipilihnya juga sudah merasa cocok yakni PAN.
 
"Insya Allah saya akan maju lagi pada Pileg mendatang. Dapilnya tetap, Kuningan V. Kalau soal partainya, saya juga bertemu dengan Pak H Uba (Ketua DPD PAN Kuningan). Mudah-mudahan tidak ada halangan. Di usia saya yang tidak muda lagi, tentu saya harus memikirkan langkah strategis untuk bisa merebut satu kursi di Kuningan V,' ungkap Iwan. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: