Pulang Kampung, Anies Baswedan Munggahan Bareng Relawan di Kuningan

Pulang Kampung, Anies Baswedan Munggahan Bareng Relawan di Kuningan

Calon Presiden RI, Anies Baswedan menghadiri acara Silaturahmi Relawan Kuningan di Desa Purwasari Garawangi, Kuningan, Minggu 12 Maret 2023..--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Calon Presiden RI, Anies Baswedan memenuhi janjinya menyambangi tanah kelahirannya, Kuningan.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sudah berada di Kota Kuda sejak hari Sabtu 11 Maret 2023. Saat berada di halaman Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan, ratusan warga menyambutnya.
 
Masyarakat nampak antusias menyambut mantan orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut, Sabtu malam.
 
Kedatangan Anies ke Kabupaten Kuningan sendiri yakni untuk silaturahmi dengan keluarga besarnya dan bertemu dengan para relawan serta masyarakat Kuningan.
 
 
Saat berada di kampung halamannya, Anies juga sempat jalan jalan di sekitar kediaman orang tuanya, di Lingkungan Cipicung, Kelurahan/Kecamatan Kuningan, Minggu pagi 12 Maret 2023.
 
Bahkan Anies tanpa sungkan sempat antre bersama warga membeli makanan khas Kuningan, Sorabi. 
 
Warga sekitar yang melihat keberadaan sang calon presiden antre sorabi memanfaatkannya untuk meminta foto bersama. Praktis ajang berburu sorabi di pagi hari itu menjadi momen emas bagi warga untuk foto bersama dengan sang idola.
 
 
"Alhamdulillah akhirnya bisa foto dengan Pak Anies. Dari dulu pengen foto bareng, baru sekarang terlaksana," ujar seorang emak-emak yang menggendong anak kecil tak jauh dari pedagang sorabi. 
 
Anies sendiri sengaja pulang kampung dalam rangka Munggahan. Tradisi Munggahan ini masih dilestarikan oleh masyarakat Kuningan  Baik yang tinggal di Kuningan maupun di perantauan.
 
Momen ini merupakan suatu adat istiadat yang sangat baik dan memiliki makna yang sangat dalam. Selain sebagai bentuk bingkai silaturahmi, adab terhadap orang tua dan tanah kelahiran.
 
 
Ketua panitia Munggahan Bareng Anies Baswedan, Ageng Sutrisno mengatan, makna Munggahan juga berarti persiapan diri untuk menyambut bulan suci Ramadan dengan perisiapan lahir dan batin.
 
Oleh karena itu, pihaknya ingin mengambil momentum ini sebagai salah satu titik tolak dimana kepulangan Anies Baswedan ke Kabupaten Kuningan. 
 
"Selain untuk bertemu dengan keluarga juga momentum untuk bertemu dan merajut harapan bersama para tokoh masyarakat, alim ulama serta masyarakat Kuningan," terang Ageng Sutrisno, Minggu 12 Maret 2023.
 
 
Selama berada di Kuningan, Anies menghadiri acara Silaturahmi Relawan Kuningan di Desa Purwasari Garawangi, Kuningan. Acara ini berlangsung di kediaman tokoh masyarakat H Atang Sugiono. 
 
"Kedatangan Pak Anies disambut Shalawatan bersama Komunitas Srikandi Kuningan. Juga diisi tausiyah oleh KH Dodo Murthado Hasan,  Pimpinan Ponpes Riyadlul Huda Winduhaji Kuningan. Dilanjutkan sharing inspirasi Pak Anies Baswedan,' kata Ageng.
 
 
Selain di Purwasari, agenda Anies lainnya adalah silaturahmi tokoh ulama dan tokoh masyarakat di Ponpes Husnul Khotimah, Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan.
 
Kedatangan Anies di Ponpes Husnul Khotimah disambut Genjring/Marwis Santri Husnul Khatimah dan Ketua Ponpes Husnul Khotimah KH Achidin Noor. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: