Puncak Arus Balik Sudah Lewat, Ribuan Pemudik Naik Bus dari Terminal Kertawangunan

Puncak Arus Balik Sudah Lewat, Ribuan Pemudik Naik Bus dari Terminal Kertawangunan

Penumpang yang naik bus dari Terminal Kertawangunan, Kuningan saat arus balik lebaran mengalami peningkatan. (Bubud Sihabudin)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Lonjakan penumpang pada arus balik lebaran 2023, sudah terjadi beberapa hari lalu. Ribuan penumpang dengan tujuan berbagai kota di Pulau Jawa berangkat menggunakan angkutan bus dari Terminal Kertawangunan, Kuningan. 
 
Pengelola terminal mencatat, puncak arus balik warga yang memanfaatkan jasa transportasi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tersebut berlangsung pada hari Selasa 25 April 2023.
 
 
Sekitar 2.000 penumpang memilih berangkat dari Terminal Kertawangunan. Bawaan penumpang juga beragam khas orang mudik.
 
Petugas pengawas pelayanan Kementrian Perhubungan Terminal Kertawangunan, Kuningan, Tjardju membenarkan jika puncak arus balik lebaran sudah terlewati beberapa hari lalu. Dimana jumlah warga yang datang ke terminal naik drastis di hari Selass lalu.
 
"Terjadi peningkatan jumlah penumpang yang datang dan naik bus. Itu terjadi pada hari Senin," papar Tjardju kepada radarkuningan.com.
 
 
Jumlah penumpang yang ke luar kota di hari itu dan menggunakan bus AKAP dan AKDP yang tersedia di terminal mencapai 1.907 penumpang. Diperkirakan arus penumpang akan kembali naik di akhir pekan.
 
"Kami mencatat ada 2.907 penumpang dengan berbagai kota menggunakan bus. Alhamdulillah semua berjalan lancar," kata Tjardu, Kamis 27 April 2023.
 
Dia juga menjelaskan bahwa ada 10 PO Bus yang melayani trayek dari Terminal Kertawangunan. Antara lain tujuan Kalideres, Pulogadung, Tanjung Priok, Grogol, Slipi, Galur, Pulo Gebang, Lebakbulus, Bekasi, Cikarang, Badung, Banten, Surabaya, Bogor, Cibinong dan kota kota lainnya.  
 
 
"Ada 10 PO Itu melayani sejumlah trayek menuju kota-kota di Pulau Jawa. Penumpang yang datang sejak pukul 05.00 pagi. Kami memperkirakan jumlah penumpang akan kembali meningkat di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Ini karena hari Selasa para karyawan swasta mulai masik kerja. Seluruh perusahaan bus yang beroperasi di terminal siap mengangkut penumpang," tuturnya.

Sementara itu, data keberangkatan bus tercatat mengalami kenaikan sejak H+lebaran. Total keberangkatan bus dari Terminal Kertawangunan mencapai 588. Kenaikan terjadi pada dua hari pasca lebaran yakni 976 penumpang.
 
 
"Semua perusahaan bus dalam kondisi terbaik, dan siap memberikan pelayanan prima kepada seluruh penumpang," sebut Tjardju.
 
Terkait tarif bus, Tjardju mengakui ada kenaikan sesuai ketentuan. Kenaikan tarif berlaku mulai H-7 sampai H+7 mendatang.
 
"Kenaikan tarif bus beradi di kisaran 25 persen dari tarif normal. Jika ada PO Bus yang menaikan tarif dari ketentuan, ya pasti akan ditindak," pungkasnya. (Bubud)
 
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: