Anggaran dari Dana Inpres, Jalan Lingkar Cigugur-Palutungan Kuningan Ditarget Rampung Akhir Tahun

Anggaran dari Dana Inpres, Jalan Lingkar Cigugur-Palutungan Kuningan Ditarget Rampung Akhir Tahun

Plt Kepala Dinas PUTR Kuningan, Usep Sumirat bersama Kepala Sub Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Budi Heryadi. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Para pemilik lahan di sepanjang ruas jalan baru Cigugur-Palutungan atau jalan lingkar barat, bisa segera membangun tempat usahanya.

Sebab, Dinas PUTR Kabupaten Kuningan akan segera membangun ruas jalan tersebut menggunakan anggaran dari Instruksi Presiden atau Inpres. 

Saat ini, kondisi jalan sendiri masih berupa tanah pasca dibuka di tahun lalu. Ruas jalan Cigugur-Palutungan memiliki panjang 2,8 kilometer.

BACA JUGA:Begini Cara All Bikers Kuningan Jaga Kekompakan, Hilangkan Perbedaan Eratkan Persaudaraan

Total dibutuhkan anggaran sebesar Rp25 miliar untuk menuntaskan pembangunan jalan lingkar barat itu. Sebenarnya, Pemprov Jawa Barat di tahun 2023 ini sudah mengalokasikan dana sebesar Rp7 miliar ruas Cigugur-Palutungan.
 
Namun skema pembiayaan pembangunan berubah lantaran Kabupaten Kuningan termasuk kawasan Rebana.
 
Plt Kepala Dinas PUTR Kuningan, Usep Sumirat menjelaskan, perubahan skema pembiayaan pembangunan jalan Cigugur-Palutungan ini bukannya tanpa alasan.
 
 
Ruas jalan ini dan jalan lingkar timur selatan (JLTS) sudah masuk dalam program kawasan Rebana yang dicanangkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
 
Semula anggaran untuk pembangunannya berasal dari bantuan keuangan Pemprov Jawa Barat sebesar Rp7 miliar. Dan itu sudah fix.
 
Kemudian anggaran dari provinsi itu akan dialihkan ke pembangunan infrastruktur lainnya yang sifatnya prioritas. Pemkab Kuningan sudah melakukan koordinasi dengan pemprov untuk memudahkan pengalihan anggaran.
 
 
"Awalnya memang sudah direncanakan dari banprov. Tapi kemudian diubah karena ada anggaran melalui Instruksi Presiden (Inpres). Kan ruas jalan ini masuk rencana pembangunan kawasan Rebana," jelas Usep usai salat Jumat di Masjid Al Muksin, Kompleks Dinas PUTR Kuningan, Jumat 28 April 2023.
 
Usep melanjutkan, untuk merealisasikan rampungnya pembangunan jalan lingkar barat ini setidaknya dibutuhkan anggaran Rp25 miliar.
 
 
Sesuai ketentuan, jalan yang masuk dalam kategori jalan kabupaten lebarnya harus 8 meter. Selama ini jalan kabupaten di Kuningan rata-rata cukup sempit.
 
"Nah, ruas Cigugur-Palutungan yang akan dibangun nanti lebarnya 8 meter. Luas lahan yang sudah dibebaskan 12 meter mulai dari Cigugur sampai Palutungan. Masih ada sisa 4 meter kiri dan kanan jalan. Satu meter untuk saluran air, dan satu meternya digunakan sebagai bahu jalan," papar Usep didampingi Kepala Sub Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Budi Heryadi kepada radarkuningan.com.
 
 
Usep menargetkan, pembangunan jalan lingkar Cigugur-Palutungan yang anggarannya bersumber dari Inpres tersebut rampung di bulan Desember 2023.
 
"Tetap akan digarap tahun ini sesuai yang sudah direncanakan. Perubahannya hanya pada sumber anggarannya saja. Dari bantuan keuangan provinsi ke Inpres. Dan Insya Allah pada akhir tahun ini atau bulan Desember, sudah selesai pembangunannya," sebut Usep. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: