ALHAMDULILLAH Selamat, Tebang Pohon Mangga, Caskam Tersengat Kabel Listrik PLN

ALHAMDULILLAH Selamat, Tebang Pohon Mangga, Caskam Tersengat Kabel Listrik PLN

Caskam, warga Kadugede Kuningan sedang mendapatkan perawatan di RSUD 45 setelah tersengat listrik saat menebang pohon di rumah tetangganya, Senin pagi. --

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Hati-hati jika sedang menebang pohon. Apalagi jika pohon tersebut berada di bawah jaringan kabel listrik. Sebab jika tidak hati-hati bisa tersengat listrik.

Dan kejadian malang ini dialami Caskam, warga Desa/Kecamatan Kadugede. Pria berusia 55 tahun itu menjadi korban sengatan listrik kabel PLN hingga harus dilarikan ke rumah sakit, Senin 8 Mei 2023.

 

Berdasarkan informasi dihimpun, peristiwa Caskam tersengat listrik terjadi pada Senin pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Kala itu Caskam yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan sedang mendapat pekerjaan di rumah warga bernama Ading.
 
Caskam berinisiatif menebang sebagian pohon mangga di depan rumah Ading berada di bawah jaringan kabel listrik dan menghalangi pekerjaannya.

Malangnya, saat Caskam hendak membersihkan ranting pohon mangga yang masih menggantung dengan menggunakan besi behel, dan tak sengaja menyentuh kabel PLN bertegangan tinggi.
 
 
 
Seketika Caskam pun tersengat listrik dan terpental hingga beberapa meter. Sengatan listrik menyebabkan Caskam mengalami luka bakar cukup serius dan segera dilarikan ke rumah sakit oleh warga untuk mendapat penanganan medis.

Hubungan pendek arus listrik tersebut menyebabkan kabel terbakar dan merembet membakar dedaunan pohon mangga. Tak ingin kobaran api semakin membesar, perangkat Desa Kadugede langsung melaporkan kejadian ini  ke kantor UPT Damkar Kuningan untuk meminta bantuan pemadaman.
 
Kejadian ini pun langsung mendapat penanganan petugas PLN yang segera melakukan pemutusan aliran listrik sekaligus perbaikan.
 
 
BACA JUGA:Jalan Damai Kasus Perselingkuhan di Cidahu, Akhirnya Keluarga AA Cabut Laporan di Polres Kuningan

"Saat tiba di lokasi, api sudah merembet membakar sebagian dahan pohon mangga. Anggota langsung memadamkan api lalu memotong dahan yang menempel ke kabel listrik untuk mencegah korsleting listrik kembali terjadi," jelas Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Kahadafi Mufti, Senin 8 Mei 2023.

Pihaknya dibantu petugas PLN, perangkat desa dan anggota dari Polsek dan Koramil setempat bergotong royong membersihkan material batang pohon mangga tersebut. Setelah hampir 30 menit penanganan, akhirnya api pun dinyatakan padam.
 
 

"Untuk korban tersengat listrik atas nama Caskam mengalami luka bakar hingga 20 persen di bagian tangan dan kaki. Alhamdulillah, korban selamat. Pak Caskam saat ini sudah di RSUD '45 menjalani perawatan," ujar Khadafi.

Atas kejadian ini, Khadafi mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan penebangan pohon yang berdekatan dengan kabel listrik bertegangan tinggi agar terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak desa PLN setempat. Ini bertujuan agar penebangan bisa dilakukan dengan aman dan tidak membahayakan pekerja dan bangunan di sekitarnya. (Taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: