12 Hari di Amerika Serikat, Kadiskominfo Kuningan Jadi Peserta Internasional Visitor Leadership Program

12 Hari di Amerika Serikat, Kadiskominfo Kuningan Jadi Peserta Internasional Visitor Leadership Program

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah terbang ke Amerika Serikat--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah terbang ke Amerika Serikat.

Wahyu termasuk salah satu peserta yang dikirim Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengan Kedubes Amerika Serikat. 

BACA JUGA:Kamera Tilang Jumlahnya Masih Minim, Satlantas Polres Kuningan Kembali Berlakukan Tilang Manual

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Kafilah Kuningan Rebut Juara Kelima di Musabaqah Qiraatil Kutub Jawa Barat

Selama berada di Negeri Paman Sam, Wahyu mengikuti  kegiatan Internasional Visitor Leadership Program (IVLP) on Demand Tahun 2023 tentang  “U.S. Best Practices in Digital Economy and Governance” dari tanggal 10 hingga 22 Juni 2023.

Wahyu sendiri merupakan satu-satunya Kadis Kominfo yang mengikuti program ini. 

Wahyu  terpilih menjadi peserta IVLP karena pada tahun 2022 telah mengikuti  pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) Mitra National University of Singapore dan menjadi peserta terbaik.

Peserta yang diterbangkan ke Amerika sebanyak 10 orang. Adapun sepuluh peserta yang terpilih dari Indonesia dalam program IVLP telah melalui seleksi ketat berdasarkan prestasi.

Di antaranya  dari Kemenkominfo 3 orang, Perguruan Tinggi 2 orang, BUMN/Perusahaan 4 orang,  sementara 1 orang lagi Kadis Kominfo Kabupaten. Kuningan.

BACA JUGA:Kontraktor PJU Sedang Tentukan Titik Koordinat di Desa dan Kelurahan, Dishub Kuningan Sebut Satu Desa Satu KWH

BACA JUGA:Agustus, 94 Desa di 31 Kecamatan Gelar Pilkades Serentak, Sekda Dian Bilang Begini

Wahyu mengatakan, Internasional Visitor Leadership Program U.S Department of State merupakan  program pelatihan profesional yang diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Program ini memberikan kesempatan kepada peserta dari berbagai negara untuk mengunjungi Amerika Serikat dan berinteraksi dengan para pemimpin, praktisi, dan ahli di bidang mereka masing-masing.

Menurut dia, tujuan Program IVLP, antara lain meneliti praktik terbaik untuk kepemimpinan dan tata kelola ekonomi digital dari praktisi AS. Bekerja dengan mitra AS untuk mengidentifikasi bidang utama yang dapat dimanfaatkan Indonesia untuk transformasi digital.

BACA JUGA:TERSINGGUNG, Merasa Nama Baiknya Dicemarkan, Bupati Kuningan Segera Lapor Polisi

BACA JUGA:Kamis Pagi, Ratusan Jamaah Haji Asal Kuningan Kloter 11 Diberangkatkan ke Indramayu

"Kemudian memperkuat jaringan AS-Indonesia untuk kepemimpinan digital dan transformasi, dan saling bertukar wawasan ekonomi digital antara Amerika Serikat dan Indonesia,” ujar Kadis Wahyu, Rabu 7 Juni 2023. 

Untuk jadwal kegiatan IVLP dimulai  pemberangkat ke Amerika Serikat pada 9 Juni  hingga kembali ke Jakarta 24 Juni 2023.

Kota yang dikunjungi selama berada di AS adalah Washington DC, Boston dan Raleigh North Carolina. Selama di Amerika, peserta akan bertemu dengan perwakilan dari pemerintah, lembaga digital dan praktisi. 

BACA JUGA:Abdul Haris, Bacaleg DPRD Kuningan: Jika Pileg 2024 Terapkan Sistem Tertutup, Lebih Baik Saya Mundur

BACA JUGA:PDGI Cabang Kuningan Ikut Unjuk Rasa di DPR RI, Tuntut Pembahasan RUU Omnibus Law Kesehatan Dihentikan

"Pertemuan ini untuk membahas kebijakan dan strategi AS tentang keamanan dunia maya, perlindungan data, diplomasi digital, penerapan digitalisasi di bidang pemerintahan dan ekonomi. Juga ekuitas digital dan upaya inklusi serta mempelajari inisiatif teknologi dan mendiskusikan cara untuk berkolaborasi," jelas Wahyu.

Wahyu juga mengungkapkan rasa syukurnya bisa menjadi peserta yang dikirim ke Amerika Serikat. Apalagi dari 10 peserta, hanya dirinya saja yang berstatus kepala dinas kabupaten.

"Tentu saya sangat bersyukur telah terpilih sebagai peserta IVLP untuk menjadi bagian yang  memberikan kontribusi dalam pembangunan dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Wahyu.

BACA JUGA:Momentum Bulang Bung Karno, Anggota DPR RI M Nurdin Temui Warga dan Serahkan Bantuan Puluhan Lampu PJU

BACA JUGA:Pagi-pagi Datang ke Arena Car Free Day, Bupati Kuningan Sambangi Stand Layanan Pajak Masyarakat Milik Bappenda

Dia menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, terutama Bupati, Wabup dan Sekda yang telah memberikan izin dan Surat Perintah Tugas mengikuti Diklat ke Amerika Serikat.

"Semoga program IVLP  akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi pembangunan transformasi digital di Kuningan, secara luas untuk kemajuan Indonesia," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: