Jamparing Research Survei Warga Kuningan, Hasilnya, Anies Baswedan Tertinggi, Disusul Prabowo dan Ganjar

Jamparing Research Survei Warga Kuningan,  Hasilnya, Anies Baswedan Tertinggi, Disusul Prabowo dan Ganjar

Lembaga survei, Jamparing Research merilis hasil survei terhadap warga Kabupaten Kuningan.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Nams Anies Baswedan ternyata paling populer di masyarakat Kuningan. Calon Presiden RI itu menempati peringkat pertama di Kabupaten Kuningan berdasarkan hasil survei Jamparing Research.
 
Lembaga survei yang dipimpin Sohib Muslim itu merilis hasil survei pilihan masyarakat Kuningan untuk Calon Presiden dan Cawapres pada Pilpres 14 Februari 2024.
 
 
 
Dari hasil survei diketahui jika masyarakat Kuningan lebih condong memilih Anies Baswedan dibanding Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.
 
Peneliti Senior Jamparing Research, Topic Offirstson memaparkan hasil survei saat Milangkala ke-5 Jamparing Research di gedung IPHI Kuningan, Sabtu siang 8 Juli 2023.
 
Milangkala ini dihadiri Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda, jajaran KPU dan Bawaslu Kuningan, dan Ketua Yayasan Jamparing, Sohib Muslim.
 
Sejumlah aktivis mahasiswa dan pemuda, pimpinan beberapa kampus, pimpinan parpol, dan pihak lainnya turut menyaksikan pemaparan hasil survei Jamparing Research.
 
“Kami hari ini sengaja merilis ke publik hasil survei kedua di lapangan, terkait perilaku pemilih dan opini publik. Survei dilaksanakan di 32 Kecamatan yang ada di Kuningan mulai tanggal 12 hingga 22 Juni 2023. Metodologi yang kami gunakan adalah Multistage Random Sampling. Sedangkan jumlah sampel survei sebanyak 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat,” papar Topic, Sabtu 8 Juli 2023.
 
 
 
Topic mengatakan, untuk margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 perseb. Responden dipilih secara acak bertingkat, mulai dari pengacakan Desa/Kelurahan, Dusun/Blok, Rukun Warga, Rukun Tetangga (RT), Keluarga sampai mendapatkan responden terpilih.
 
Untuk memilih distribusi sampel yang memadai, jumlah sampel tiap kecamatan dan desa ditentukan secara proporsional dengan mengacu pada jumlah DPT berdasarkan data Pemilu 2019 KPUD Kuningan.
 
Dalam survei yang diakukan ini, semuanya melalui wawancara langsung, bukan by phone. Wawancara dilakukan secara tatap muka langsung menggunakan kuesioner oleh surveyor. 
 
"Kendali mutu dilakukan secara berlapis mulai dari proses rekrutmen dan pelatihan surveyor, pengumpulan data, spotcheck lapangan, hingga validasi dan verifikasi pasca pengumpulan data atau call back,” terang Topic.
 
 
 
Kemudian Topic memaparkan, berdasarkan hasil survei, pilihan masyarakat Kuningan untuk Capres Anies Baswedan berada di urutan pertama sebanyak 48,08 persen.
 
Posisi kedua Capres Prabowo Subianto mencapai 27,17 persen dan nama Capres Ganjar Pranowo di urutan terakhir sebanyak 16,50 persen.
 
"Pilihan masyarakat dari survei Jamparing ini jika nantinya Pilpres 2024 hanya terdapat 3 Calon Presiden," ujar Topic.
 
Dalam survei itu, lanjut dia, Jamparing juga menanyakan kepada masyarakat selaku responden terkait kelayakan tokoh nasional untuk Capres 2024.
 
Hasilnya, nama Anies Baswedan kembali menempati urutan pertama dengan meraih pilihan sebanyak 34,33%, disusul urutan kedua 22,17% diraih oleh Prabowo Subianto, dan urutan ketiga adalah Ganjar Pranowo sebanyak 15,50 persen. 
 
"Masyarakat Kuningan juga menganggap Gubernur Jabar Ridwan Kamil layak jadi Capres dengan raihan pilihan sebanyak 7,67 persen. Diikuti urutan berikutnya Menkopolhukam Mahfud MD sebanyak 1,67 persen, Erick Tohir 1,50 persen dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto 0,75 persen," ujarnya.  
 
 
 
Pilihan ke bawahnya ada nama Presiden Jokowi yang dianggap masih layak jadi Capres sebanyak 0,42%, disusul sejumlah nama tokoh beken lainnya dengan raihan 0,42% ke bawah.
 
Sedangkan untuk Cawapres yang disurvei Jamparing, nama Ridwan Kamil mengakar di hati masyarakat Kuningan. Ridwan Kamil berada di urutan teratas dengan raihan sebanyak 24,50 persen.
 
"Di urutan kedua ada nama Anies Baswedan dengan meraih 14,50%, disusul Ketua Umum Partai Demokrat AHY.
pada urutan ketiga 11,42% pilihan warga Kuningan," ungkapnya.
 
Menariknya, masyarakat Kuningan juga menganggap Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto layak menjadi Cawapres dengan raihan 8,17%.
 
Di atas Prabowo ada Mahfud MD sebanyak 8,67 persen, Erick Tohir dan Ganjar Pranowo dianggap masing-masing meraih 7,75% dan 7,50 persen suara.
 
 
 
Jamparing juga menyimulasikan pilihan masyarakat Kuningan jika ternyata hanya ada 2 Capres pada Pemilu 2024. Yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Lagi-lagi, pilihan masyarakat jatuh kepada Anies Baswedan dengan raihan sebanyak 62,50% suara.
 
Sedangkan Ganjar Pranowo hanya meraih sebanyak 24,17%. Sisanya sebanyak 13,33% warga Kuningan memilih tidak tahu.
 
Jika hanya ada 2 pasang Capres pada Pilpres 2024 untuk Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, masyarakat Kuningan akan menjatuhkan pilihan kepada Anies Baswedan ketimbang Prabowo Subianto.
 
"Hasil surveinya, Anies meraih pilihan sebanyak 52,58%, sedangkan Prabowo Subianto sebanyak 35,33 persen  Sisanya yang menyatakan tidak tahu sebanyak 12,08%," sebut dia 
 
 
 
Selain itu, Jamparing juga melakukan penelitian kepada masyarakat Kuningan terkait pengetahuan Pemilu Serentak nanti untuk 5 jenis pilihan.
 
Yakni memilih Capres-Cawapres, Calon anggota DPD RI, Calon Anggota DPR RI, Calon Anggota DPRD Provinsi, dan Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota.
 
Hasilnya, 94,67 masyarakat Kuningan mengetahui akan ada pemilihan Capres-Cawapres dan 5,33 persen tidak tidak tahu. Selanjutnya untuk Calon Anggota DPD RI, sebanyak 73,17% masyarakat mengetahuinya, 26,83% tidak tahu.
 
Lalu untuk Calon Anggota DPR RI, sebanyak 76,75% masyarakat mengetahuinya, dan 23,25% mengaku tidak tahu. Untuk Calon Anggota DPRD Provinsi, sebanyak 75,33% mengaku tahu akan ada pemilihan, dan sebanyak 24,67% tidak tahu.
 
Terakhir untuk Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota, dari survei Jamparing ini, sebanyak 78,58% masyarakat Kuningan mengetahuinya, dan sisanya sebanyak 21,45% mengaku tidak tahu.
 
 
 
Disamping itu, Jamparing melakukan survei pengetahuan masyarakat Kuningan terkait ketertarikannya terhadap politik nasional maupun lokal.
 
Tercatat sebanyak 45% menjawab biasa saja, 23% tidak tertarik, 20% tertarik, hanya 5 persen yang menjawab sangat tertarik, tidak tahu/tidak menjawab 4%, dan tidak tertarik sama sekali sebanyak 3 persen  (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: