Bawang Putih Kalahkan Bawang Merah, Harga Daging Ayam Masih Stabil di Pasar Tradisional Kuningan

Bawang Putih Kalahkan Bawang Merah, Harga Daging Ayam Masih Stabil di Pasar Tradisional Kuningan

Harga komoditas bahan pokok di pasar tradisional Kuningan cukup stabil dalam sepekan ini. (Agus Sugiharto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Sepekan setelah tahun baru Islam, harga kebutuhan pokok di Kabupaten Kuningan cukup stabil.
 
Harga daging ayam di Pasar Kepuh, berada di angka Rp37.000 sampai Rp40 ribu. Daging sapi masih tetap seharga Rp130.000, daging kambing Rp150 ribu/kilogram.
 
Telur ayam juga tidak mengalami kenaikan yakni Rp31 ribu untuk per kilogramnya.
 
 
Untuk keluarga bawang-bawangan juga mengalami penurunan harga. Misalnya, bawang merah yang pada pekan lalu bertengger di harga Rp30 ribu per kilogram, sekarang dijual pedagang dengan harga Rp25 ribu.
 
Sedangkan saudara kembar bawang merah, bawang putih harganya masih cukup tinggi. Satu kilogram bawang putih dilepas pedagang di kisaran harga Rp35 ribu. 
 
Yulianti, salah seorang pedagang mengatakan, harga bahan pokok cenderung stabil pasca tahun baru Islam. Pasokan dari distributor juga lancar sehingga tidak terjadi lonjakan harga yang memberatkan pembeli dan penjual. 
 
"Saya bersyukur harga-harga sembako tidak mengalami kenaikan. Itu berarti tidak menambah modal untuk belanja stok. Mudah-mudahan saja kondisi seperti ini tetap terjaga," ujar pedagang bertubuh subur tersebut.
 
 
Dari pantauan radarkuningan.com di Pasar Kepuh Kuningan, harga komoditas sembako hampir sama seperti pekan sebelumnya. Beras Premium Rp12.000/kg, Medium Rp11.500/Kg dan termurah Rp11.000/kilogram.
 
Kemudian Gula Pasir Rp15 000/kg, Gula Merah Rp18 000/kg, Minyak Curah Rp15n000/kg, Minyak Kemasan Rp18 000/liter, serta Minyak KITA Rp15.000/kg.
 
Petugas pemantau harga Diskopdagperin Kuningan, Arisman menjelaskan, stabilnya harga komoditas bahan pokok di pasar tradisional tak lepas dari lancarnya pasokan barang dari distributor.
 
Misalnya harga daging ayam yang sempat menyentuh angka Rp50 ribu, sekarang sudah kembali normal. Begitu juga dengan harga cabai-cabaian tidak mengalami kenaikan.
 
 
"Kami terus melakukan pemantauan harga bahan pokok di pasar tradisional. Alhamdulillah tidak ada gejolak kenaikan harga. Seperti cabai merah satu kilogramnya Rp35 000. Lalu cabai hijau Rp25.000/kg, cabai rawit Rp35000/kg, cabai kriting per kilogramnya Rp.35000 dan cabai jablay dijual Rp35.000/kilogram," terang Arisman. 
 
Arisman menambahkan, bagi masyarakat yang ingin tahu secara lengkap Informasi perkembangan dan perbandingan harga sembako di seluruh pasar Kabupaten Kuningan, sangat mudah.
 
 
"Caranya, silakan bisa dilihat dengan mengunjungi siBaDU miRakyat :
https://sibadumirakyat.kuningankab.go.id," pungkas Arisman. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: