Beras dan Cabai Rawit Naik Harga, Ini Harga Komoditas Bahan Pokok di Pasar Tradisional Kuningan

Beras dan Cabai Rawit Naik Harga, Ini Harga Komoditas Bahan Pokok di Pasar Tradisional Kuningan

Harga beras dan cabai rawit di pasar tradisional Kuningan menjelang akhir bulan mengalami kenaikan harga. (Agus Sugiharto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Menjelang akhir bulan, harga beras dan cabai rawit di beberapa pasar tradisional Kabupaten Kuningan, mengalami kenaikan. 

Untuk harga beras, kenaikan harga berlaku di semua varian. Beras premium yang pada pekan lalu masih dijual satu kilogramnya Rp12.500, sekarang dilepas antara Rp13.000 hingga Rp13.500.

BACA JUGA:Wajib Miliki Sertifikasi Manajemen Air Minum, Pemkab Kuningan Bentuk Pansel Direktur PAM Tirta Kamuning

Beras medium dari Rp12.000 naik menjadi Rp12.500 dan beras termurah yang semula Rp11.000, kini dijual dengan harga Rp11.500 sampai Rp12 ribu per kilogram.

Selain beras, harga cabai terutama cabai rawit melonjak drastis. Namun harga bawang merah dan bawang putih tidak ikut naik harga 

Pada pekan lalu harganya masih Rp30.000, di awal pekan ini melesat pada harga Rp45 ribu untuk setiap kilogramnya.

Ibu Imi, seorang warga Cilowa Kecamatan Kramatmulya, Kuningan tak menampik adanya kenaikan harga bahan pokok terutama beras dan cabai.

BACA JUGA:Konsleting Listrik, Gudang Sembako Dua Lantai di Karangtawang Kuningan Diamuk Si Jago Merah

Pemilik warung makan di Kompleks BPC Gapensi Kuningan mengatakan, harga beras sudah mencapai Rp13 ribu untuk jenis yang bagus 

"Untuk kebutuhan warung makan, saya beli beras dan sayuran langsung dari Pasar Kramatmulya. Saya beli beras kualitas bagus sekarang Rp13.000 padahal sebelumnya hanya Rp12.500. Kalau di desa pasti harganya lebih dari 13 ribu," kata Ibu Imi, Senin 28 Agustus 2023.

Sedangkan komoditas bahan pokok lainnya tidak mengalami kenaikan harga alias masih stabil.

Misalnya cabai merah Rp45 ribu/kilogram, cabai jablay Rp50.000/kg, cabai keriting Rp40 ribu dan cabai hijau di angka Rp25 ribu/kilogram.

BACA JUGA:Bantu Pemadaman Karhutla di Gunung Ciremai, Paguyuban KTH Kerahkan Puluhan Masyarakat Peduli Api

Begitu juga dengan gula pasir masih Rp15.000/kg, dan gula merah Rp18.000/kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: