MANTAP, Sambungkan Tol Cipali dengan Tol Getaci, Tol Kuningan Bakal Dibangun Kementrian PUPR

MANTAP, Sambungkan Tol Cipali dengan Tol Getaci, Tol Kuningan Bakal Dibangun Kementrian PUPR

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kuningan, Teddy Sukmajayadi. (Agus Sugiharto(--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- 10 tahun yang akan datang, wilayah Kabupaten Kuningan akan memiliki jalan tol yang menghubungkan Tol Cipali di utara dan Tol Gedebage, Tasik, Cilacap (Getaci) yang berada di selatan Jawa Barat. Pembangunan ruas jalan tol ini sudah dirancang oleh Pemerintah Pusat. 

Opsi lainnya yang dipertimbangkan dan direncanakan pemerintah pusat, di tahun 2030 adalah pembangunan jalan tol Kuningan-Cipali. Jalan tol ini khusus untuk exit Kuningan.

BACA JUGA:Daya Tarik Kota Singkawang Sukses Kumpulkan Ratusan Biker di Event Maxi Yamaha Day Kalimantan Barat

Kedua rencana pembangunan jalan tol sudah masuk dalam kajian dan perencanaan dari Kementrian PUPR RI.

Nantinya, ruas tol ini akan melingkar dari wilayah Cirebon masuk ke Kuningan di sebelah barat jalan nasional atau sepanjang lereng Gunung Ciremai. 

Seperti Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, Sukamukti, Cigugur, Kadugede, Darma, Cikijing Majalengka hingga ke wilayah Kabupaten Ciamis dan berakhir di Tol Getaci.

Untuk exit tol di Kuningan kemungkinan di Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cigugur.

BACA JUGA:TERLALU, Gegara Ngerokok di Kamar dan Ketiduran, Rumah Warga Kelurahan Cipari Kuningan Ini Tinggal Puing

Kepala Bidang Bina Marga pada DPUTR Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi menjelaskan, pembangunan tol yang melintasi wilayah Kabupaten Kuningan sudah dalam agenda Kementrian PUTR.

Ruas jalan tol ini akan menghubungkan Tol Getaci di selatan dan Tol Cipali di utara Jawa Barat.

"Desainnya sudah ada, dan dalam kajian Kementrian PUPR. Jalan tol ini cukup panjang dan dibangun sepanjang lereng Gunung Ciremai. Jika terlaksana, tentu akan ada pembebasan lahan di wilayah Kabupaten Kuningan," terang Teddy kepada radarkuningan.com.

BACA JUGA:Satu Malam, Petugas UPT Damkar Kuningan Gerebek Tiga Sarang Tawon, Barang Bukti Langsung Dimusnahkan

Menurut Teddy, untuk exit tol di wilayah Kuningan kemungkinan ada dua yang dibangun. Yakni di sekitar Linggarjati dan Cigadung.

"Untuk yang Linggarjati diperuntukkan bagi yang ingin rekreasi di wilayah Kuningan utara. Sedangkan exit tol Cigadung menuju pusat pemerintahan Kuningan," ujar Teddy, Sabtu 30 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: