Tol Kuningan Bukan Mimpi Tapi Sudah Direncanakan Kementrian PUPR, Akan Dibangun 2035

Tol Kuningan Bukan Mimpi Tapi Sudah Direncanakan Kementrian PUPR, Akan Dibangun 2035

Kawasan di Kecamatan Jalaksana yang berada lereng Gunung Ciremai ini kemungkinan akan dilintasi pembangunan jalan Tol Kuningan. --

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Pembangunan jalan Tol Kuningan ternyata bukan mimpi. Sebab, jalan yang akan menghubungkan Tol Getaci dan Tol Cipali itu sangat penting untuk mendongkrak ekonomi dan wisata di selatan dan utara Jawa Barat.

Tol Kuningan akan membentang sepanjang lereng Gunung Ciremai atau sebelah barat jalan nasional.

BACA JUGA:Jalan Lingkar Utara Diapresiasi, Camat Cilimus Sebut Bisa Dongkrak Ekonomi dan Wisata Masyarakat Kuningan

Untuk wilayah Kabupaten Kuningan dimulai dari Kecamatan Mandirancan, Pancalang, Cilimus, Jalaksana, Kramatmulya, Cigugur, Kadugede, Nusaherang dan Darma.

Karena berada di ketinggian dan berbatasan langsung dengan Gunung Ciremai, Tol Kuningan akan menawarkan panorama yang sangat indah.

Tidak akan kalah menawan dari Tol Semarang. Udara di sepanjang kawasan ini juga cukup sejuk.

Keberadaan Tol Kuningan juga akan mendongkrak sisi ekonomi masyarakat terutama yang berdiam di sekitar lereng Gunung Ciremai.

BACA JUGA:Ada Pemasangan Uditch untuk Gorong-Gorong, Minggu dan Senin Jalan Pramuka Kuningan Ditutup Total

Salahsatunya harga tamah akan meningkat dan berdirinya objek wisata serta tempat kuliner.

"Tol Kuningan bukan hanya mimpi tapi sudah masuk dalam perencanaan pembangunan pemerintah pusat. Tol Kuningan akan menjadi penghubung Tol Cipali dan Getaci. Kabupaten Kuningan akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi di masa yang akan datang," ujar Kabid Bina Marga pada DPUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi, Sabtu 30 September 2023.

Seperti diberitakan, 12 tahun yang akan datang, wilayah Kabupaten Kuningan akan memiliki jalan tol yang menghubungkan Tol Cipali di utara dan Tol Getaci yang berada di selatan Jawa Barat.

Pembangunan ruas jalan tol ini sudah dirancang oleh Pemerintah Pusat. 

BACA JUGA:Pembangunan Jalan Lingkar Utara Kuningan-Cirebon Diseriusi Dua Daerah, Panjangnya 9,5 Kilometer

Opsi lainnya yang dipertimbangkan dan direncanakan pemerintah pusat, di tahun 2030 adalah pembangunan jalan tol Kuningan-Cipali. Jalan tol ini khusus untuk exit Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: