PENGUMUMAN, Ada Pengupasan Tebing Bukit Kembar, Jalan Lingkar Timur Kuningan Ditutup Dua Bulan

PENGUMUMAN, Ada Pengupasan Tebing Bukit Kembar, Jalan Lingkar Timur Kuningan Ditutup Dua Bulan

Ruas jalan lingkar timur dari pertigaan Karangmangu sampai perempatan Garatengah ditutup selama dua bulan karena ada pengerjaan pengupasan bukit. (Agus Sugiharto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Ini pengumuman bagi warga yang kerap menggunakan jalan lingkar timur (Jalintim). Selama dua bulan terhitung mulai Rabu siang 25 Oktober 2023, ruas Jalintim dari perempatan Garatengah sampai perempatan Karangmangu tidak bisa dilalui kendaraan baik roda maupun empat 

Pasalnya, ruas jalan tersebut ditutup total selama dua bulan. Penutupan dilakukan karena ada pengerjaan pemapasan tebing bukit kembar oleh rekanan. Diperkirakan pengerjaan pengupasan tebing rampung selama dua bulan.

BACA JUGA:Diduga Tilep Dana Bantuan Sosial Warganya, Oknum Aparat Desa Sukadana, Kuningan Dijebloskan ke Penjara

Sebelum penutupan, Rabu pagi sekitar pukul 08.00, sejumlah petugas kepolisian dari Satuan Lalulintas Polres Kuningan sudah berjaga di perempatan Garatengah dan pertigaan Karangmangu.

Hingga pukul 10.00, arus lalulintas di ruas Garatengah-Karangmangu masih berjalan normal.

Namun pukul 11.00, petugas kepolisian memasang barrier yang menutupi seluruh badan jalan di pintu masuk Garatengah dan Karangmangu.

Sehingga kendaraan tidak bis melintas. Petugas juga memasang spanduk bertuliskan penutupan jalan selama dua bulan karena ada pengerjaan.

BACA JUGA:Satu Pelajar Luka Kena Sabetan Celurit, Polres Kuningan Amankan 9 Terduga Pelaku Berstatus Pelajar

"Tadinya saya mau ke Cirebon habis ada keperluan dari kantor BKPSDM Kuningan. Tadi pagi masih bisa lewat dan belum ditutup. Tapi pas mau pulang, eh jalannya sudah ditutup. Akhirnya memutar kembali ke arah Jalaksana," terang Defi, seorang pengemudi mobil yang memutar balik di perempatan Karangmangu, Rabu siang 25 Oktober 2023.

Sebelumnya diberitakan, pengupasan bukit kembar jalan lingkar timur (Jalintim) untuk mencegah terjadinya longsor, dikebut oleh kontraktor.

Anggaran pengupasan berasal dari Kementrian PUPR RI sebesar Rp8 miliar.

BACA JUGA:Musim Kemarau, Puluhan Desa Alami Kekeringan, Tiga Bulan BPBD Kuningan Kirim 2 Juta Liter Air Bersih

Tebing yang sebelumnya menjulang tinggi akan dibagi menjadi 4 trap sehingga lebih landai. Kemiringan tebing dari kurang satu meter diproyeksikan menjadi satu meter lebih. 

Kepala Dinas PUTR Kuningan, I Putu Bagiasna didampingi Kabid Bina Marga, Teddy Sukmajayadi bilang jika pengupasan tebing kembar Jalintim diperkirakan rampung akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: