Jokowi Usulkan Agus Subiyanto sebagai Calon Tunggal Panglima TNI Berdasarkan Rekam Jejak dan Jam Terbang

Jokowi Usulkan Agus Subiyanto sebagai Calon Tunggal Panglima TNI Berdasarkan Rekam Jejak dan Jam Terbang

CALON PANGLIMA: Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto (kiri) dinilai sudah memenuhi syarat sebagai calon Panglima TNI.-Dinas Penerangan TNI AD-

RADARKUNINGAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mengusulkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon tunggal untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI kepada DPR RI. Keputusan ini didasarkan pada penilaian Presiden Jokowi terhadap rekam jejak dan jam terbang Jenderal Agus Subiyanto dalam tugas-tugasnya di berbagai bidang, baik di teritorial, administratif, maupun akademis.

 

"Pertama, beliau, kan, Wakasad kemudian menjadi Kasad, tetapi kalau melihat jam terbangnya di teritorial, di administratif, di akademis, ini memenuhi semuanya," ujar Presiden Jokowi kepada media setelah melakukan seremoni groundbreaking pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11).

Namun, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa terkait siapa yang akan menggantikan Jenderal Agus sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), belum diambil keputusan. Jokowi menyatakan bahwa dia masih menunggu persetujuan dari DPR untuk penunjukan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

BACA JUGA:Maskapai Ini Belum Minat Kembali ke Bandara Kertajati, Dulu Buka Penerbangan Tapi Tak Ada Penumpang

"Ya belum, satu-satu. Ini (Panglima TNI) perlu memperoleh persetujuan dari DPR terlebih dahulu, baru setelah ada persetujuan kita berpikir KSAD yang baru," ungkap Jokowi dikutip Antara.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengirim surat resmi tentang penunjukan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI kepada DPR RI.

"Saya akan mengumumkan calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, nama yang diusulkan oleh presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat," kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (31/10).

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah Daftar Maskapai Penerbangan yang Berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Ditegaskan Puan Maharani, lLaksamana TNI Yudo Margono akan segera memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. DPR akan segera menindaklanjuti usul pergantian Panglima TNI ini, melalui tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Sementara itu, Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin serah terima jabatan tiga perwira tinggi di TNI Angkatan Darat (AD) dalam sebuah upacara di Mabesad, Jakarta, Selasa (31/10).

Jabatan yang diserahterimakan antara lain Kepala Pusat Zeni, Kepala Dinas Pembinaan Mental, dan Kepala Dinas Penerangan.

Mayjen TNI Suparjo menyerahkan jabatan Kepala Pusat Zeni TNI AD kepada Mayjen TNI I Nengah Wiraatmaja. Kemudian, Brigjen TNI Nur Salam menyerahkan jabatan Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AD kepada Brigjen TNI Ridwan. Selanjutnya, Brigjen TNI Hamim Tohari menyerahkan jabatan Kepala Dinas Penerangan TNI AD kepada Brigjen TNI Kristomei Sianturi.

BACA JUGA:Kondisi Terkini Kasus Pesta Miras Oplosan di Subang yang Menyebabkan 11 Orang Korban Meninggal Dunia

Brigjen TNI Kristomei merupakan perwira tinggi TNI yang pernah bertugas sebagai Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya, Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan, Komandan Resimen Induk Kodam (Danrindam) Iskandar Muda, dan Perwira Pembantu Utama (Paban) IV/Operasional Dalam Negeri (Opsdagri) Staf Operasi (Sops) TNI.

Jenderal Agus Subiyanto memberikan pesan kepada para pejabat baru dan menekankan bahwa mereka memiliki amanah yang besar dalam jabatan baru mereka. "Serah terima jabatan beberapa pejabat utama TNI AD ini merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk menyadari betapa besarnya amanah dan tanggung jawab yang diletakkan di pundak kita semua, serta untuk benar-benar melakukan perubahan dan memberikan karya terbaik," ujarnya dalam upacara tersebut.

Ia juga meminta para pejabat baru membina prajurit beserta keluarganya dengan baik. “Saya juga titipkan para prajurit beserta keluarganya untuk dibina dan diarahkan dengan baik,” ungkap Jenderal Agus.

BACA JUGA:Bupati Kuningan Meminta Penggunaan Bandara Kertajati dalam Perjalanan Menggunakan Pesawat Terbang

Selain itu, Jenderal Agus Subiyanto juga memberikan apresiasi kepada pejabat lama atas dedikasi dan pengabdian mereka dalam tugas mereka. Dia mendorong pejabat baru untuk terus berinovasi dan membuat terobosan baru yang bermanfaat bagi kemajuan TNI Angkatan Darat.

"Marilah kita berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara ini. Banyak tantangan yang harus kita hadapi, mulai dari doktrin, pembinaan latihan, dan pembinaan satuan yang harus benar-benar turun ke lapangan," tambah Jenderal Agus Subiyanto. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: