Penyakit Pada Kucing Kampung dan Cara Mengatasinya

Penyakit Pada Kucing Kampung dan Cara Mengatasinya

Penyakit Pada Kucing Kampung dan Cara Mengatasinya-pintarpet-radarkuningan.com

Kutu merupakan parasit penghisap darah bagi hewan berbulu seperti kucing. Penyakit ini tidak bisa dianggap sepele, karena jika dibiarkan akan berdampak pada iritasi kulit.

Semakin sering kucing menggaruk-garuk kulitnya, maka kulitnya akan lecet dan bisa kemasukan bakteri berbahaya dari kukunya yang bisa menyebabkan radang pada kulit dan borok.

Selain itu juga bulu kucing akan rontok. Dan perlu diketahui pula bahwa penyakit ini juga bisa menular kepada manusia.

Alangkah baikya segera obati dengan shampo khusus kucing atau shampo pembasmi kutu.

BACA JUGA:Pentingnya Vaksinasi Pada Kucing Beserta Jenisnya. Cat Lovers Wajib Tahu!

3. Penyakit mata

Penyakit mata adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang kucing kampung dan disebabkan oleh virus yang menyerangnya.

Gejala umum yang terjadi pada kucing yang terkena penyakit ini adalah saat mata kucing mengeluarkan cairan seperti air mata yang agak kental. Selain itu, gejala lainnya tergantung pada penyakit mata yang menginfeksinya.

Untuk mengatasinya, jika sakit matanya karena bakteri berikan antibiotic. Sedangkan jika karena virus, gunakan obat tetes yang biasa digunakan oleh manusia.

4. Penyakit jamur

Penyakit jamur adalah penyakit yang menyerang pada kulit kucing. Penyakit ini biasanya menyerang pada anggota tubuh seperti wajah, bulu, telinga, dan kaki kucing. 

BACA JUGA:Lakukan Cara Ini Agar Kucing Nurut dan Tidak Nakal

Hal ini disebabkan oleh bakteri yang bersarang pada tempat tinggalnya. Gejala awalnya biasanya kucing menggaruk-garuk bagian yang terkena jamur secara terus-menerus.

Setelah itu, kulitnya menjadi kemerahan dan mengaluarkan cairan berwarna kuning. Jika dibiarkan, akan menyebar ke seluruh tubuh dan membuat kucing merasa kesakitan.

Untuk mengatasinya, beri obat lime sulfur, salep anti fungal (derma cream, salep 88, dll), atau gunakan shampo khusus seperti malaseb. Selain itu juga bisa dengan mengolesi obat herbal seperti propolis dan VCO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: