KEREN, Tak Hanya Jalan Tol Kuningan-Cirebon, Jaringan Kereta Api ke Kuningan Sempat Direncakan Dishub Jabar

KEREN, Tak Hanya Jalan Tol Kuningan-Cirebon,  Jaringan Kereta Api ke Kuningan Sempat Direncakan Dishub Jabar

Mantan Kepala Dishub Kabupaten Kuningan, H Deni Hamdani menjelaskan soal rencana pembangunan jaringan kereta api ke Kuningan oleh Dishub Jabar di tahun 2017 lalu. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Ternyata tak hanya Jalan Tol Kuningan-Cirebon saja yang sudah masuk dalam perencanaan pembangun oleh Kementerian PUPR RI. Namun juga pembangunan jaringan rel Kereta Api (KA) dari Cirebon ke Kuningan.

Bedanya, rencana pembangunan jaringan Kereta Api ke wilayah Kabupaten Kuningan tersebut dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat

Saking seriusnya dengan rencana pembangunan jaringan rel Kereta Api ke Kuningan, Dishub Jabar membentuk tim dan konsultan.

Menariknya, tim konsultan tersebut berisi mahasiswa dari ITB. Pembahasan juga benar-benar matang karena melibatkan akademisi.

BACA JUGA:Daftar Penyakit Zoonosis yang Bisa Ditularkan oleh Kucing, Kotak Kotoran Harus Sering Dibersihkan

Mereka juga sempat melakukan study kelayakan lapangan dan melakukan beberapa kali pertemuan dengan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan. 

Pertemuan tak hanya di Bandung dan Kuningan saja namun juga di Cirebon. Kepala Dishub Kuningan bertemu dengan konsultan yang dibentuk Dishub Jabar di Cirebon.

Rencana pembangunan jaringan kereta api ke Kuningan dipaparkan H Deni Hamdani, mantan Kepala Dishub Kuningan yang menjabat antara tahun 2016 sampai 2019. 

Deni mengatakan, di tahun tahun 2017, Dishub Provinsi mengundang dirinya untuk membahas rencana pembangunan jaringan rel kereta api ke wilayah Kuningan dari Cirebon.

BACA JUGA:Mencari Jejak Raja Hutan Gunung Ciremai, Kalung GPS Macan Tutul Rasi Lepas

Pihaknya beberapa kali diajak pertemuan membahas rencana tersebut. Hingga diundang oleh perwakilan Dishub Cirebon bertemu konsultan. 

Jadi, kata Deni, bukan hanya jalan Tol Kuningan-Cirebon saja yang direncanakan, namun juga jaringan kereta api. Di tahun 2017, pertemuan membahas kereta api sangat intens. 

"Termasuk membahas wilayah mana saja di Kuningan yang dilintasi rel kereta api. Dimana lokasi stasiun yang akan dibangun dan titik akhir kereta api," papar pejabat Pemkab Kuningan yang diusulkan sebagai salah satu calon Pj Bupati Kuningan ke Kemendagri tersebut, Rabu 15 November 2023.

Dalam perencanaan Dishub Jabar, lanjut Deni, ada dua stasiun yang dibangun di wilayah Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: