KEREN, Tak Hanya Jalan Tol Kuningan-Cirebon, Jaringan Kereta Api ke Kuningan Sempat Direncakan Dishub Jabar

KEREN, Tak Hanya Jalan Tol Kuningan-Cirebon,  Jaringan Kereta Api ke Kuningan Sempat Direncakan Dishub Jabar

Mantan Kepala Dishub Kabupaten Kuningan, H Deni Hamdani menjelaskan soal rencana pembangunan jaringan kereta api ke Kuningan oleh Dishub Jabar di tahun 2017 lalu. (Agus Sugiarto)--

BACA JUGA:Verifikasi Rampung, Berkas Persyaratan 6 Calon Pj Bupati Kuningan Dinyatakan Lengkap, Masuk Tahap IV

Yakni Stasiun Cilimus dan titik akhir Stasiun Kertawangunan, telatnya di kompleks Terminal Tipe A Kertawangunan. 

"Pembahasannya sudah detail termasuk melibatkan konsultan yang diisi mahasiswa ITB saat itu. Jaringan kereta api ini juga dilanjutkan melintasi Palimanan sampai Kertajati, Majalengka," jelas Deni yang kini menjabat Sekretaris DPRD Kuningan.

Deni menerangkan rute pembangunan rel kereta api yang direncanakan Dishub Provinsi. Dimulai dari titik awal Cirebon kemudian Beber dam masuk wilayah Kecamatan Cilimus.

Dari Cilimus rutenya berada tak jauh dari Jalan Lingkar Timur (Jalintim) atau sebelah timur Jalintim dan berakhir di Terminal Tipe A Kertawangunan.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Masih Ngos-ngosan, Proyek Bandara Baru Sukabumi Disinggung Lagi, Dianggap Tidak Perlu

"Terminal Tipe A waktu itu didesain menhadi titik sentral moda transportasi dari Kuningan ke luar daerah. Jadi, selain armada bus juga ada moda transportasi kereta api yang terpusat di Terminal Kertawangunan," ujar Deni.

Deni mengaku menyimpan foto pertemuan pembahasan soal kereta api dengan Kepala Dishub Jabar waktu itu. Pembahasan pembangunan rel kereta api itu berlangsung sepanjang tahun 2017.

"Foto tersebut saat itu saya pajang di kantor Dishub. Kalau tidak dibereskan, mungkin masih ada di Dishub Kuningan," ungkap Deni. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: