KEREN! Bakal Ada Jalur Kereta Api Cirebon - Kuningan, Stasiun di Cilimus dan Kertawangunan

KEREN! Bakal Ada Jalur Kereta Api Cirebon - Kuningan, Stasiun di Cilimus dan Kertawangunan

Jalur Kereta Api Cirebon Kuningan rencananya akan dibangun.-Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

Kuningan, RADARKUNINGAN.COM - Kabupaten Kuningan bakal memiliki jalur kereta api dengan 2 stasiun yang rencananya akan dibangun.

Pada tahun 2017 rencana terkait dengan jalur rel kereta api Kabupaten Kuningan sudah mulai dibahas.

Pembahasan tersebut juga turut melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat, hingga akademisi dan tim konsultan.

Sayangnya, belum ada perkembangan terbaru terkait rencana pembangunan jaringan kereta api ke wilayah Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Woodland Kuningan, Destinasi Liburan Keluarga yang Cocok untuk Akhir Pekan

Namun, bila mengacu pada perencanaan di Rebana Metropolitan, sebenarnya ada juga LRT Cirebon Raya yang terkoneksi ke Bandara Kertajati.

Mantan Kepala Dishub Kuningan, H Deni Hamdani yang menjabat antara tahun 2016 sampai 2019 mengungkapkan, proses studi kelayakan lapangan untuk proyek ini sudah dilakukan.

Bahkan pembahasan terkait dengan rencana tersebut sudah dilakukan beberapa kali baik di Bandung, Cirebon dan Kuningan.

"Jadi di tahun 2017, Dishub Provinsi Jabar mengundang saya membahas rencana pembangunan jaringan rel kereta api ke wilayah Kuningan dari Cirebon," kata Deni, kepada radarkuningan.com.

BACA JUGA:Wisata di Linggarjati Kuningan yang Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Pihaknya beberapa kali diajak pertemuan membahas rencana tersebut. Hingga diundang oleh perwakilan Dishub Cirebon bertemu konsultan. 

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai wilayah yang akan dilintasi oleh rel kereta api termasuk lokasi stasiun.

Dalam perencanaan tersebut, akan dibangun 2 stasiun yang dibangun di wilayah Kabupaten Kuningan yakni, Stasiun Cilimus dan Stasiun Kertawangunan, telatnya di kompleks Terminal Tipe A Kertawangunan. 

"Pembahasannya sudah detail termasuk melibatkan konsultan yang diisi mahasiswa ITB saat itu. Jaringan kereta api ini juga dilanjutkan melintasi Palimanan sampai Kertajati, Majalengka," jelas Deni yang kini menjabat Sekretaris DPRD Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: