Soal Kereta Bandara Kertajati dari Cirebon, PT KAI Daop 3 Siap, Tapi...

Soal Kereta Bandara Kertajati dari Cirebon, PT KAI Daop 3 Siap, Tapi...

PT KAI Daop 3 Cirebon menyatakan siap menjadi operator Kereta Bandara Kertajati. Foto hanya ilustrasi. -Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

Cirebon, RADARKUNINGAN.COM - Rencana pembangunan jalur kereta dari Cirebon ke Bandara Kertajati, sudah beberapa kali menjadi agenda pembahasan.

Bahkan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon sebagai operator menyatakan kesiapannya bila pemerintah membangun jalur baru kereta ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Vice Presiden PT KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana mengatakan, masalah jalur baru itu semua merupakan kewenangan dari pemerintah. Namun PT KAI dari sisi operator tentu siap.

Terkait pembangunan jalur ini, PT KAI Daop 3 memang mempunyai aset. Sebab, dulu pernah ada rute sampai dengan Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka. Namun untuk menuju Bandara Kertajati tentu harus ada jalur baru.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Masih Ngos-ngosan, Proyek Bandara Baru Sukabumi Disinggung Lagi, Dianggap Tidak Perlu

Adanya jalur kereta api tersebut, tentu akan memudahkan masyarakat dan menunjang mobilitas. Sekaligus mempermudah akses menuju ke Bandara Kertajati.

"Memang jalur dari Bandara Kertajati lebih dekat ke Cirebon atau Indramayu, tapi itu semua kewenangan dari pemerintah. Intinya kita siap untuk mengoperasikannya," katanya.

Bahkan, kata Dicky, terkait pembangunan jalur kereta ke Bandara Kertajati memang banyak yang sudah menanyakan. Termasuk dari pemerintah daerah itu sendiri. 

Sebab, keberadaan kereta api sudah menjadi kebutuhan transportasi masyarakat. Terutama untuk angkutan seperti Cirebon - Majalengka dan sekitarnya. 

BACA JUGA:11 Penerbangan ke 4 Tujuan di Bandara Kertajati Hari Ini, Ada Apa Saja?

"Pemkab maupun Forkopimda Kabupaten Majalengka juga menanyakan hal sama, yakni ada tidak jalur kereta api bandara yang menuju Kertajati, karena aset Daops 3 Cirebon ada hingga Kadipaten," ungkapnya. 

"Permintaan moda transportasi kereta bandara ini banyak diidamkan masyarakat di Cirebon Raya," katanya.

Bahkan di zaman dulu, sudah ada kereta api yang beroperasi dari Cirebon sampai dengan Kadipaten, meski kemudian berhenti. 

"Kalau menurut sejarah, kita (Daops 3 Cirebon) punya trek (jalur rel) kereta api dari Cirebon ke Kadipaten," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: