Pariwisata Ciayumajakuning Rebranding Jadi Cirebon Raya, Setuju? Jabodetabek Versi Lite

Pariwisata Ciayumajakuning Rebranding Jadi Cirebon Raya, Setuju? Jabodetabek Versi Lite

Disparbud Jabar menjelaskan terkait rebranding pariwisata Ciayumajakuning menjadi Cirebon Raya. Foto hanya ilustrasi.-Disparbud Jabar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COMPariwisata Ciayumajakuning dilakukan rebranding jadi Cirebon Raya agar lebih mudah untuk aspek promosi.

Kendati demikian, sebutan Cirebon Raya sebagai rebranding Ciayumajakuning rupanya menjadi perbincangan hangat dari warganet di media sosial.

Ada yang setuju dengan penyebutan Cirebon Raya, lantaran warga Majalengka, Kuningan dan Indramayu di luar kota menyebut daerahnya juga Cirebon.

Tapi ada yang menyatakan bahwa sebaiknya tetap Ciayumajakuning karena menunjukkan perbedaan dan keragaman dari masing-masing daerah itu sendiri.

BACA JUGA:Ciayumajakuning Rebranding Jadi Cirebon Raya, Kadisparbud Jabar: Akan Mudah Dikenal

Sebagai contoh adalah kawasan Jabodetabek yang tidak menggunakan nama Jakarta Raya. “Ciayumajakuning adalah Jabodetabek versi lite. Pelan-pelan aja pak sopir, mudah-mudahan ke depan lebih terkenal dan maju,” tulisa Ramadhan Syaharifani.

Ada juga yang tak mempersoalkan nama Cirebon Raya, karena faktanya memang daerah seperti Majalengka belum banyak dikenal.

“Orang di luar kota kalau ditanya dari mana? Jawabnnya dari Cirebon. Setelah itu, ditanya Cirebonnya di mana? Baru menjawab di Majalengka, Kuningan atau Indramayu,” tulis Divanni.

Oleh karena itu, penamaan Cirebon Raya tentu akan lebih mudah diperkenalkan dan dipromosikan ketimbang Ciayumajakuning yang lebih sulit dari sisi wisata.

BACA JUGA:Ragam Wisata Dekat Stasiun Cirebon, Bisa Sambil Kulineran dan Belanja Oleh-oleh Khas Cirebon

Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, penamaan Cirebon Raya memang lebih mudah dikenal daripada menyebut Ciayumajakuning.

"Orang mengenalnya Cirebon ya Cirebon saja. Walaupun nantinya mereka ke wilayah sekitar itu tidak ada masalah," kata Benny Backtiar, di acara Welcome Dinner Familiarization Trip (Malaysia to Cirebon), belum lama ini.

Menurut dia, nama Cirebon Raya jauh lebih mudah dikenal. Sebab, daerah lain juga menggunakan sebutan yang sama.

Misalnya Bandung Raya yang di dalamnya terdiri dari Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan 5 Kecamatan di Kabupaten Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: