Jumlah Macan Tutul Gunung Ciremai Bertambah, BTNGC Sebut Warga dan Pendaki Tak Perlu Khawatir

Jumlah Macan Tutul Gunung Ciremai Bertambah, BTNGC Sebut Warga dan Pendaki Tak Perlu Khawatir

Jumlah macan tutul jawa di Gunung Ciremai bertambah. -Agus Sugiharto-radarkuningan.com

BACA JUGA:Populasi Macan Tutul di Gunung Ciremai Terdeteksi 7 Ekor, Terekam Kamera, Begini Penjelasan Kepala Balai TNGC

Maman mengaku, TNGC juga aktif melakukan edukasi. Termasuk ke sekolah yang ada di sekitar kaki Gunung Ciremai. Hal ini dilakukan agar masyarakat memiliki kesadaran. 

Misalnya dengan tidak mengganggu dan memburu mangsa dari macan tutul seperti babi hutan, kijang dan lainnya. Sebab, hal tersebut akan mengganggu keseimbangan ekosistem dan makanan dari karnivora besar.

Sementara itu, Dwi Suryana, Koordinator Pemantau Macan Tutul BTNGC mengungkapkan, inventarisasi terhadap satwa kunci di Gunung Ciremai terus dilakukan secara rutin.

"Untuk satwa kunci macan tutul, kami sudah melakukan inventarisasi dan perhitungan dengan metode tertentu. Ada indikasi penambahan satwa yang belum terdeteksi sebelumnya," katanya.

BACA JUGA:Macan Tutul Jawa Gunung Ciremai, Tak Cukup Hanya Dilindungi, Seharusnya Dikembangbiakkan

Menurut dia, dari hasil inventarisasi awalnya memang hanya 2 individu macan tutul yakni Slamet Ramadhan dan Rasi yang merupakan hasil pelepasliaran. 

Kemudian teridentifikasi adanya 2 satwa macan tutul lama atau penghuni asli Gunung Ciremai. Yang terbaru, kembali terdetekai 3 macan tutul yang sedang dalam proses identifikasi.

"Jadi kita identifikasi apakah 3 macan tutul itu adalah individu yang sama atau berbeda. Ini bisa kita cek satu-satu dengan membandingkan fotonya, pola tutul, bentuk telinga dan lainnya," katanya.

Ditambahkan Dwi, adanya indikasi penambahan populasi Macan Tutul Jawa tentu menjadi kabar gembira sekaligus penanda bahwa ekosistem di Gunung Ciremai terjaga dengan baik. 

BACA JUGA:Populasi Macan Tutul Gunung Ciremai Bertambah, Warga dan Pendaki Tak Perlu Khawatir, Cukup Lakukan Ini

Sekarang ini yang perlu dilakukan adalah perbaikan habitat. Sehingga Macan Tutul di Gunung Ciremai memiliki makanan yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: