Wilayah Jawa Barat Ini Diguncang Gempa Bumi Tektonik 5,2 Magnitudo, Terasa sampai ke Bandung

Wilayah Jawa Barat Ini Diguncang Gempa Bumi Tektonik 5,2 Magnitudo, Terasa sampai ke Bandung

Pantai Selatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik dangkal dengan kekuatan 5,2 magnitudo. -BMKG-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Wilayah Pantai Selatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5,2 magnitudo, Sabtu, 18, November 2023.

Gempa bumi tektonik tersebut terjadi pada pukul 06.34 dan dirasakan ke sejumlah wilayah lainnya seperti Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi hingga wilayah Bandung. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono menjelaskan, wilayah yang diguncang gempa bumi adalah Pantai Selatan Cianjur, Jawa Barat.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,87° LS ; 107,21° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 100 Km arah BaratDaya Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 58 km.

BACA JUGA:5 Hal yang Dibenci Kucing dan Bikin Tidak Betah di Rumah, Suara Ini Bikin Ketakutan

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Garut, Sindangbarang, Ciamis, Pakenjeng, Bungbulang, dan Tasikmalaya dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Cianjur, Sukabumi, dan Kabupaten Bandung dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

BACA JUGA:Manfaat Memelihara Kucing di Rumah yang Jarang Diketahui, Bukan Hanya Sekedar Teman Bermain!

Terasa getaran seakan akan truk berlalu) dan daerah Bandung dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: