Sampai Umur Berapa Kucing Bisa Hamil? Ternyata Lebih Cepat Dibanding Hewan Mamalia Lain

Sampai Umur Berapa Kucing Bisa Hamil? Ternyata Lebih Cepat Dibanding Hewan Mamalia Lain

Sampai Umur Berapa Kucing Bisa Hamil? Ternyata Lebih Cepat Dibanding Hewan Mamalia Lain-katadata-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Kucing sebagai salah satu hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara melahirkan, yang sekali melahirkan bisa 3 hingga 6, bahkan 10 anak Kucing.

Kucing merupakan hewan mamalia yang umurnya terbilang cukup pendek dibanding dengan hewan lainnya. Rata-rata kucing bisa hidup antara 10-16 tahun.

Hal ini tentu mempengaruhi umur berapa kucing bisa hamil. Kehamilan pada kucing akan lebih cepat dibanding hewan mamalia lain.

Sebenarnya, kucing betina bisa hamil pada usianya sudah tua atau memasuki umur 10 tahun. Namun, pada usia 10 tahun, fisik kucing sudah mulai melemah. Sehingga jika ia hamil akan berisiko pada kesehatan dan janin yang dikandungnya.

Hal ini kemudian membuat para pemilik kucing biasanya akan melakukan sterilisasi kucing pada saat berusia 5-6 tahun lebih. 

BACA JUGA:Mengetahui Tanda-tanda Kehamilan pada Kucing, Perilakunya Berubah Drastis

Idealnya bagi kucing berusia tua, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter hewan, apakah kondisi fisiknya masih kuat untuk hamil.

Pemilik kucing pun perlu memperhatikan mental dan perilaku kucing, apakah masih mau mengurus anak-anaknya yang lahir dari kelahiran sebelumnya.

Jika memang dari kelahiran sebelumnya induk betina ada kecenderungan bersikap cuek dan lepas tangan mengurus dan merawat kitten, maka sangat disarankan untuk berhenti kawin dan hamil, agar dapat disterilkan.

Hal ini karena kucing betina juga bisa merasa bosan dan lelah ketika ketika dibiarkan kawin, hamil, hingga menyusui dengan usianya yang sudah tua.

BACA JUGA:Sofa Rusak Dicakar Kucing, Lakukan Hal Ini untuk Mengurangi Efek Cakaran Anabul

Makanya tidak jarang kucing betina yang sudah tua kemudian kawin dan hamil, mereka akan membiarkan anak-anak kucing yang lahir tersebut tidak diurus dan bahkan dimakan.

Ini karena memang induk betina sudah stress dan lelah untuk mengurus kitten berulangkali.  

Kucing bisa hamil mulai dari usia 4 bulan. Biasanya di usia 4 bulan kucing sudah mulai bisa kawin. Umur kucing bisa hamil ini disebut dengan istilah queening. Namun, adapula kucing yang baru bisa hamil pada umur 5 bulan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: