Desa di Lereng Gunung Ciremai Ini Masuk Wilayah Kuningan, Tapi Lebih ‘Berasa’ Cirebon dan Majalengka

Desa di Lereng Gunung Ciremai Ini Masuk Wilayah Kuningan, Tapi Lebih ‘Berasa’ Cirebon dan Majalengka

Kebun Raya Kuningan, salah satu destinasi di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.-Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ada satu desa yang lokasinya persis di kaki Gunung Ciremai. desa ini secara administrasi masuk wilayah Kabupaten Kuningan. Namun aktivitas warganya lebih dekat ke Cirebon dan Majalengka.

Desa ini bernama Padabeunghar. Masuk ke wilayah administratif Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Terutama aktivitas sosial dan ekonomi, warga Desa Padabeunghar lebih dekat dengan Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Majalengka.

Desa Padabeunghar memang merupakan tapal batas Kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Cirebon dan Majalengka.

BACA JUGA:Sampai Umur Berapa Kucing Bisa Hamil? Ternyata Lebih Cepat Dibanding Hewan Mamalia Lain

Desa ini letaknya di lereng utara Gunung Ciremai. Desa ini dulu cukup terpencil. Selain ojek, hanya ada mobil bak yang bisa menjangkau desa ini.

Ada dua jalan menuju desa yang berdiri banyak tower pemancar televisi swasta, termasuk tower Radar Cirebon Televisi (RCTV).

Pertama melalui jalur Pasawahan. Kedua lewat jalan Bobos. Dua jalur tersebut sempit dan terkenal ekstrem.

Namun, walau terpencil, desa ini sangat terkenal. Di Padabeunghar ada banyak tempat wisata. Ada dua yang sangat terkenal. Kebun Raya Kuningan dan Bukit Seribu Bintang.

BACA JUGA:Mengetahui Tanda-tanda Kehamilan pada Kucing, Perilakunya Berubah Drastis

Pasar Kramat, di Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon, merupakan pasar terdekat dari desa ini. Pasar ini menjadi tempat warga desa tersebut membeli atau menjual barang.

Sementara warga desa ini banyak yang bersekolah di Kecamatan Rajagaluh. Yang masuk ke wilayah Kabupaten Majalengka.

Sebagian besar penduduk yang sakit akan dirawat di beberapa rumah sakit di Majalengka atau Cirebon. Sangat jarang penduduk yang memilih dirawat di Kota Kuningan. 

Hal ini disebabkan oleh jarak antara Desa Padabeunghar ke pusat kota Kuningan yang jauh. Lebih  jauh dari pada antara Desa Padabeunghar menuju Cirebon atau Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: