Kronologi 10 Warga Kuningan Keracunan Jamur Hutan, Ada yang Dioseng - Dipepes, 1 Orang Meninggal Dunia

Kronologi 10 Warga Kuningan Keracunan Jamur Hutan, Ada yang Dioseng - Dipepes, 1 Orang Meninggal Dunia

Kronologi 10 warga Kuningan keracunan jamur hutan di Desa Tugumulya, Kecamatan Darma. Foto hanya ilustrasi.-LIPI-radarkuningan.com

Kuningan, RADARKUNINGAN.COM - Sebanyak 10 orang warga Dusun Tugu, Desa Tugumulya, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan mengalami keracunan jamur hutan dan 1 diantaranya meninggal dunia.

Kronologi 10 warga Kuningan keracunan jamur hutan tersebut berawal dari seoran pedagang yakni Har.

Penjual kelapa tersebut menaruh jamur hutan yang belum diketahui jenisnya di samping dagangannya.

Keberadaan jamur tersebut membuat warga tertarik dan meminta untuk dibawa pulang. Har sendiri tidak menyadari kalau jenis jamur tersebut memiliki racun.

BACA JUGA:Korban Keracunan Jamur Hutan di Desa Tugumulya Kuningan Sudah Pulang ke Rumah, Satu Meninggal Dunia

Begitu juga para warga yang mengonsumsi dan membawa pulang jenis jamur liar tersebut. Mereka bahkan memasak baik dipepes maupun ditumis atau dioseng. Bahkan ada yang mengonsumsinya tanpa dimasak.

Kejadian tersebut berlangsung sepanjang Senin, 20, November 2023. Lantas pada malam harinya terjadilah sejumlah warga mengeluhkan masalah kesehatan.

Menurut Camat Darma, Rangga Apriatna, kejadian keracunan jamur tersebut baru dilaporkan pada Selasa, 21, November 2023.

Ternyata ada 8 orang warga yang mengeluhkan keracunan dengan berbagai gejala. Bahkan ada yang meninggal dunia dan 1 oranng kini masih dalam perawatan medis di  RSUD 45 Kuningan.


Kasat Reskrim Polres Kuningan, Camat Darma dan Kapolsek Darma berada di rumah korban keracunan jamur di Desa Tugumulya, Kecamatan Darma, Kuningan.--

BACA JUGA:Bandara Kertajati Hari Ini, Operasikan 13 Penerbangan, 4 Rute Ini Favorit

Kebanyakan warga mengeluhkan muntah-muntah pasca makan jamur. Bahkan salah satu warga dusun tersebut, Juma yang berusia 78 tahun meninggal dunia.

Pasca kejadian tersebut, Kasat Reskrim Polres Kuningan dan tim Inafis serta Kapolsek Darma sudah melakukan pemeriksaan dan pendalaman.

Pihaknya mendapat informasi bahwa adanya 10 orang warga masyarakat Desa Tugumulya yang diduga mengalami keracunan jamur hutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: