3 Tips atau Cara Menghentikan Kucing Mencakar Sofa, Tanpa Kekerasan

3 Tips atau Cara Menghentikan Kucing Mencakar Sofa, Tanpa Kekerasan

Cara Mengehentikan Kucing Mencakar Sofa-feliway-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Dari sudut pandang kita, kucing yang suka mencakar sofa, perabotan, atau barang rumah tangga mungkin dianggap sebagai perilaku yang sepenuhnya merugikan kita.

Namun, cara pandang kucing mengenai hal ini tentu sangat berbeda. Karena mereka melihat ini sebagai aktivitas normal, yang dipacu oleh keinginan untuk menjaga cakar mereka dalam kondisi optimal.

Selain menjaga kondisi cakar mereka, hal ini juga dilakukan untuk menandai wilayah mereka dengan bau dan tanda visual. Seakan memberi tahu kucing dan hewan lain di mana mereka tinggal.

Selain itu, mereka juga dapat berlatih dengan meregangkan dan menarik kembali cakar, bahu, dan kaki mereka saat mereka menggaruk.

Kegiatan menggaruk ini tentunya terjadi secara alami, jadi meskipun ini mungkin terlihat seperti disengaja. Namun kenyataannya hal ini dianggap sangat alami oleh mereka.

Maka dari itu, pada artikel kali ini kita akan memberikan beberapa tips atau Cara Menghentikan Kucing Mencakar Sofa atau Perabotan rumah, yang dapat membantumu menjaga lingkungan rumah tetap damai.

BACA JUGA: Berapa Biaya Sterilisasi Kucing? Ternyata Segini, Beda Jenis Beda Harga

1. Gunakan Nada Suara

Jika kamu memberi kucing kata "TIDAK!" atau semacamnya dengan tegas setiap kali dia mendekati sepotong perabot yang telah digaruk, itu mungkin dapat mengecilkan keinginannya untuk melakukannya lagi.

Namun, perlu diingat, karena kucing mengaitkan hukuman ini dengan keberadaan kita. Kemungkinan kucing hanya akan belajar untuk berhenti menggaruk ketika ada kita di sekitar tempat itu.

Hal lain yang bisa kamu lakukan sambil mengatakan kata tegas, salah satunya adalah dengan melempar kerikil atau koin ke arah kucing(jangan melemparkannya ke arah kucing).

Berusaha juga untuk tidak membiarkan kucing mengetahui bahwa kita yang melemparkannya. Dengan cara ini, mereka tidak akan mengaitkan tindakan tersebut terkait dengan kita.

2. Gunakan Air

Gunakan air untuk menghentikan perilaku buruk kucing. Jika kamu memiliki botol semprot air, kamu dapat mencoba menyemprot mereka setiap kali mereka mendekati perabot dan mulai menggaruknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: