Bahaya! Pemberian Pil KB Pada Kucing Bukan Solusi Tepat Untuk Mencegah Kehamilan

Bahaya! Pemberian Pil KB Pada Kucing Bukan Solusi Tepat Untuk Mencegah Kehamilan

Bahaya! Pemberian Pil KB Pada Kucing Bukan Solusi Tepat Untuk Mencegah Kehamilan-palprs-disway-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Jalan pintas yang dilakukan oleh manusia agar kucing peliharaan nya tidak hamil biasanya memberi pil KB. Apakah aman penggunaan pil KB untuk manusia digunakan oleh kucing?

Praktik pemberian pil KB atau suntik KB untuk kucing hingga saat ini masih banyak dilakukan. Hal ini seolah jalan satu-satunya yang mudah untuk mencegah kehamilan pada kucing betina.

Tahukah kamu, sebenarnya memberikan pil KB untuk kucing hanya akan memberikan efek negatif yang lebih banyak dibanding efek positifnya.

Penggunaan pil KB atau suntik KB pada hewan dapat mengendalikan siklus reproduksi kucing kurang lebih selama 2-3 bulan. Tetapi jika digunakan dalam jangka panjang, Penggunaan pil KB ini dapat meningkatkan risiko kucing betina terkena berbagai jenis penyakit, salah satunya pyometra (radang pada rahim disertai penimbunan nanah).

Penggunaan KB pada kucing juga dianggap sebagai malpraktik. Penyuntikan KB, pada dasarnya akan memberikan efek menebalnya dinding rahim kucing. Pemberian suntik KB dalam dosis yang tepat pada kucing bisa dikatakan sangat sulit.

BACA JUGA:52 Daftar Nama Kucing Pembawa Rezeki untuk Pemiliknya, Anabul Bawa Keberuntungan

Sebab pemberian pil KB maupun suntik KB pada kucing akan sangat berisiko menyebabkan timbulnya kista dinding rahim, menebalnya dinding rahim dan terbukanya serviks yang meningkatkan risiko terkena pyometra atau penyakit berbahaya lainnya.

Pencegahan kehamilan pada kucing dengan menggunakan pil KB atau suntik KB bukan solusi atau jalan pintas yang tepat. Berikut ini ada beberapa cara mencegah kehamilan pada kucing yang aman, bisa Anda lakukan: 

1. Jangan biarkan kucing keluar rumah saat birahi

Untuk mencegah kucing hamil, jangan mengeluarkan mereka saat musim birahi. Hal ini perlu dilakukan supaya kucing betina tidak dihamili oleh kucing jantan yang berkeliaran di luar rumah.

Ada beberapa tanda kucing yang mengalami birahi atau ingin kawin diantaranya perubahan tingkah laku kucing menjadi sering menggoda dan mengeong sebagai tanda mencari perhatian kucing jantan untuk mendekat.

BACA JUGA:Cara Mengusir Kucing Kampung Supaya Tidak Berak Sembarangan

2. Pisahkan dengan kucing jantan di rumah

Cara mencegah kehamilan kedua, jika Anda memiliki kucing jantan dan kucing betina di rumah, maka sebaiknya pisahkan terlebih dulu saat masa birahi untuk mencegah kucing betina dihamili oleh kucing jantan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: