Kenali Penyebab Mata Kucing Belekan yang Wajib Diketahui Pemilik Anabul, Jangan Dianggap Remeh!

Kenali Penyebab Mata Kucing Belekan yang Wajib Diketahui Pemilik Anabul, Jangan Dianggap Remeh!

Kenali Penyebab Mata Kucing Belekan yang Wajib Diketahui Pemilik Anabul, Jangan Dianggap Remeh!-alodokter.com-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Belekan merupakan salah satu masalah pada kucing yang umum terjadi, terutama pada anak kucing.

Belekan ditandai dengan mata berair, bengkak, merah, kotoran mata, hingga kerak. Biasanya, belekan pada kucing menandakan gejala dari suatu penyakit.

Mata kucing belekan ini disebabkan oleh air mata yang terus-menerus keluar lebih banyak dari biasanya, karena ada sesuatu yang menyebabkan iritasi Mata kucing atau menjadi tanda bahwa kucing mengalami gangguan kesehatan mata. Umumnya Mata kucing belekan disebabkan oleh konjungtivitis atau radang selaput mata.

Belek pada kucing bisa berwarna bening dan bertekstur encer atau hijau kekuningan dengan tektur yang kental. Akibatnya mata kucing menjadi merah, bengkak, dan sulit dibuka. Padahal mata kucing yang sehat biasanya tampak cerah dan jernih. 

Belekan pada kucing juga jangan dianggap remeh, hal ini karena bisa memengaruhi penglihatan mata. Bahkan jika tidak diatasi bisa menyebabkan kebutaan pada kucing . Dilansir dari laman sehatq.com, penyebab mata kucing belekan diantaranya sebagai berikut:

BACA JUGA:5 Rekomendasi Obat Mata Kucing Belekan yang Ampuh dan Efektif

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah peradangan selaput lendir yang melapisi mata kucing. Kondisi ini membuat mata kucing menjadi bengkak, merah, dan sensitive terhadap cahaya.

Mata kucing juga biasanya mengeluarkan kotoran berwarna bening, hijau, atau kuning dengan tekstur kental sehingga membuat penglihatannya terganggu dan tidak nyaman.

2.Masuknya Benda Asing

Masuknya benda asing seperti debu dan pasir ke dalam mata kucing juga bisa menjadi penyebab mata kucing belekan.

Kondisi ini dapat menyebabkan kucing sering menyipitkan mata, pembengkakan kelopak mata, pandangan burem, dan mengucek atau menggaryk matanya sendiri.

BACA JUGA:5 Cara Mengobati Mata Kucing Belekan Beserta Penyebabnya, Cukup Menggunakan Bahan Dapur?

3.Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: