Pemandangan Ciamik Jalan Baru Cipari Cisantana Kuningan, Kapan Dibuka untuk Umum?

Pemandangan Ciamik Jalan Baru Cipari Cisantana Kuningan, Kapan Dibuka untuk Umum?

Jalan Baru Cipari Cisantana akan dibuka di awal Desember 2023.-Agus Sugiharto-radarkuningan.com

Kuningan, RADARKUNINGAN.COM - Jalan baru Cipari Cisantana Kabupaten Kuningan sudah banyak dinantikan masyarakat, karena ingin mencoba akses menuju ke kawasan wisata Palutungan tersebut. 

Jalan baru Cipari Cisantana sebenarnya hanya memiliki panjang 2,2 kilometer. Tetapi punya pemandangan ciamik.

Karena itu, banyak yang sekadar melintas lantaran penasaran. Bahkan di akhir pekN banyak warga berjalan kaki dan bersepeda di jalan raya tersebut. 

Lalu, kapan Jala Baru Cipari Cisantana dibuka untuk umum? Rencananya, Bupati Kuningan, Acep Purnama akan melakukan peresmian dalam waktu dekat yakni tanggal 3 Desember 2023.

BACA JUGA:Jalan Baru Cipari-Cisantana Mulus Banget, Diresmikan Satu Hari Sebelum Bupati Kuningan Lengser Keprabon

Setelah itu, jalan baru tersebut akan dibuka untuk umum dan beroperasi secara fungsional. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk akses menuju Palutungan. 

Selama ini, akses menuju Palutungan hanya mengandalkan 2 akses utama yakni lewat Cigugur dan Jalan Desa Puncak. 

Jalan baru ini anggaran pembangunannya berasal dari program Inpres APBN sebesar Rp23 miliar. Perusahaan yang mengerjakan adalah PT Mahakarya Limac dari Jakarta.

Lebar jalan ini yakni 7 meter sehingga kendaraan besar seperti bus bisa saling berpapasan tanpa harus salah satunya berhenti memberikan jalan.

BACA JUGA:Pinggir Jalan Ciniru-Japara Dipenuhi Gadriel, Situ Caracas Jalintim Tetap Tidak Dipasang Pagar Besi Pengaman

Kelebihan dari jalan wisata ini adalah sepanjang jalan menuju kawasan wisata Palutungan itu belum banyak bangunan berdiri. Hanya ada hutan dan ladang milik penduduk setempat.

Sehingga suasananya masih asri dan sejuk dipandang mata. Jalan baru ini juga digadang-gadang menjadi jalan wisata bagi wisatan yang ingin rekreasi ke Palutungan.

Dari segi pengerjaan, jalan baru sudah selesai 100 persen. Tinggal pemasangan lampu penerangan jalan umum dan juga rambu-rambu lalulintas.

Pihak kontraktor sendiri sudah selesai melakukan overlay permukaan atas atau hotmik lapis dua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: