Pemandangan Ciamik Jalan Baru Cipari Cisantana Kuningan, Kapan Dibuka untuk Umum?

Pemandangan Ciamik Jalan Baru Cipari Cisantana Kuningan, Kapan Dibuka untuk Umum?

Jalan Baru Cipari Cisantana akan dibuka di awal Desember 2023.-Agus Sugiharto-radarkuningan.com

BACA JUGA:Pengalaman Terbang di Bandara Kertajati dan Perjalanan dari Pasteur, Perbandingan Mobil Pribadi dan Umum

Saat ini bahu kiri dan kanan jalan yang dipasang batu kasar sedang dipadatkan oleh para pekerja supaya tidak terbawa arus deras ketika turun hujan.

Bahu jalan wisata ini semua direncanakan dicor beton namun urung dilakukan karena ada lobi-lobi supaya bisa dialihkan ke tempat lain.

Yakni adanya permintaan dari Pemkab Kuningan supaya dialihkan untuk pengaspalan ruas jalan lama Cigugur-Cisantana sepanjang 1,4 kilometer.

"Awalnya direncanakan bahu jalan itu dicor beton tapi enggak jadi karena ada permintaan dari pemkab untuk overlay di bagian barat jalan wisata. Akhirnya sepakat overlay di ruas jalan itu yang panjangnya mencapai 1,4 kilometer. Ada anggaran tambahan dari pusat Rp2 miliar," terang Asep Supriadi, KTU PJN Wilayah 3.4 Jawa Barat.

BACA JUGA:ASYIK, Jalan Wisata Cipari-Cisantana Sudah Mulus Dihotmik, Katanya Mau Diresmikan Bupati Kuningan

Karena itu, lanjut dia, bahu jalan dipadatkan agar batu yang sudah terpasang tidak terbawa oleh derasnya air hujan. "Apalagi kondisi jalan baru Cipari Cisantana kondisinya menurun jika dari arah barat," ujarnya. 

Kepala Dinas PUTR Kuningan, I Putu Bagiasna mengatakan, jalan wisata baru Cipari-Cisantana secara fungsional akan diresmiksn tanggal 3 Desember 2023 oleh Bupati H Acep Purnama.

Dipilihnya tanggal 3 Desrmber lantaran berbarengan dengan Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU).

"Overlay jalan baru Cipari-Cisantana sudah selesai namun belum bisa dibuka untuk umum. Peresmiannya akan dilakukan tanggal 3 Desrmber 2023 bertepatan dengan Hari Bakti PU. Bukan hanya jalan itu saja yang diresmikan namun sejumlah proyek lainnya. Termasuk rehabilitasi jalan Cipasung-Subang," jelas Putu. 

BACA JUGA:10 Jus yang Cocok untuk Diet Sehat Penuh Nutrisi dari Buah dan Sayur

Lokasi peresmian proyek pembangunan, lanjut Putu, akan dipusatkan di jalan baru Cipari-Cisantana.

Ada beberapa acara yang sudah dipersiapkan untuk menyemarakan peresmian dan peringatan Hari Pekerjaan Umum.

"Bukan hanya peresmian saja namun juga penghargaan bagi pegawai Dinas PUTR. Seperti penjaga pintu air, penjaga bendungan, petugas pemotong rumput dan juga penghargaan untuk pegawai PU lainnya. Kami ingin peringatan Hari PU berkesan bagi pegawai Dinas PUTR," ungkap Putu Bagiasna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: