Ternyata Ini Hama yang Sering Menyerang Tanaman Janda Bolong, Berikut 2 Cara Mudah Membasinya!

Ternyata Ini Hama yang Sering Menyerang Tanaman Janda Bolong, Berikut 2 Cara Mudah Membasinya!

Ternyata Ini Hama yang Sering Menyerang Tanaman Janda Bolong, Berikut 2 Cara Mudah Membasinya!-greeners-radarkuningan.com

3. Akar Basah

Akara basah ini terjadi karena tanaman yang terlalu sering disiram atau akar tidak memiliki drainase yang baik. Sehingga berakibat pada akar membusuk dan daun menguning serta layu.

Untuk mencegah adanya hama pada tanaman janda bolong, ada bahan alami yang mudah didapat yang bisa mencegah dan membasmi datangnya hama, diantaranya yaitu:

1. Air cucian beras

Pemberian suplemen tentu sangat diperlukan bagi tanaman hias janda bolong. Namun dibandingkan menggunakan bahan yang mengandung kimia, alangkah baiknya menggunakan bahan alami aagar lebih ramah lingkungan.

Salah satu bahan alami yang murah dan mudah adalah air cucian beras. Siapa sangka air cucian beras bisa dimanfaatkan sebagai pupuk alami untuk tanaman janda bolong.

BACA JUGA:5 Tips Budidaya Tanaman Janda Bolong di Pot Rumah, Gak Merambat dan Merusak Tembok

Caranya sangat mudah yait, tuangkan air cucian beras ke dalamwadah bersih. Setelah itu, diamkan air cucian beras dalam wadah selama 3-5 hari.

Lalu, tuangkan air beras ke dalam wadah semprot atau alat penyiram tanaman, kemudian campurkan dengan air bersih. Setelah itu, semprotkan larutan air cucian beras pada janda bolong secara rutin.

2. Soda kue

Bahan selanjutnya yang terbukti ampuh untuk mengusir hama pada tanaman janda bolong adalah soda kue. Cara membuatnya pun sangat mudah dan sederhana.

Larutkan air, soda kue, dan sabun, kemudian semprotkan pada janda bolong secara rutin tapi jangan terlalu sering. 

BACA JUGA:6 Cara Merawat Janda Bolong Agar Cepat Beranak dan Subur Alami, Mudah Sekali

Kedua bahan ini ampuh untuk membasmi jamur,kutu daun, dan semut serta mampu menjaga ph media tanam.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: