Daun Kelor Dipercaya Bikin Langsing, Bisa Usir Lemak Perut, Turunkan Barat Bandan dan Cocok untuk Diet

Daun Kelor Dipercaya Bikin Langsing, Bisa Usir Lemak Perut, Turunkan Barat Bandan dan Cocok untuk Diet

daun kelor dipercaya bikin langsing-daily asia-radarkuningan.com

BACA JUGA:Inilah Alasan Kenapa Daun Mangga Ada Bintik Hitam, Ketahui Cara Mengatasinya Berikut!

Hanya, hingga saat ini belum diketahui pasti apakah manfaat yang sama juga bisa dirasakan oleh manusia atau tidak. Belum ada penelitian yang mencoba menyelidikinya.

Beberapa penelitian telah mengamati efek suplemen yang mengandung kelor dikombinasikan dengan bahan lain.

Sebuah penelitian, menemukan bahwa asupan 900 miligram suplemen daun kelor dan kunyit dapat menurunkan berat badan hingga 4,8 kilogram. Studi dilakukan selama 8 pekan pada 41 orang dengan kelebihan berat badan.

Ada lagi penelitian yang dilakukan dengan jumlah partisipan yang lebih besar selama 16 minggu. Hasilnya, asupan suplemen yang sama berhasil menurunkan berat badan 5,4 kilogram. 

BACA JUGA:Punya Bentuk Daun Unik, Apakah Tanaman Janda Bolong Beracun? Inilah Dampaknya jika Terkena Getahnya

Pembandingnya, kelompok yang hanya mengonsumsi plasebo berhasil menurunkan berat badan 0,9 kilogram dalam periode waktu yang sama.

Yang perlu dikritisi, apakah manfaat ini didorong oleh kelor atau kunyit dan kombinasi di antara keduanya? Meski demikian, beberapa ahli sepakat bahwa kelor memang punya kemampuan untuk membantu menurunkan berat badan.

Menurut ahli gizi Lochan Tebak, salah satunya adalah berkat kemampuan kelor dalam mengatur kadar insulin. “Kemampuan mengatur insulin ini pada gilirannya dapat meningkatkan manajemen nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk ngemil manis," ujar Tebak.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada kelor juga berkontribusi dalam hal ini. Banyak studi menunjukkan bahwa asupan tinggi serat dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengekang rasa lapar. 

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Membuat Daun Sirih Gading Besar, Cara Merawat Tanaman Golden Pothos di Rumah

Kelor juga diketahui dapat meningkatkan metobolisme tubuh. Tebak mengatakan, metabolisme yang lancar dapat membantu menurunkan berat badan.

Bagaimana cara mengonsumsi daun kelor Kelor utamanya dikonsumsi dalam bentuk teh atau rebusan. Caranya, rebus 1-2 gelas air dalam panci dan masukkan daun kelor atau bubuk kelor ke dalamnya. 

Setelah itu biarkan mendidih dan lalu saring. Kemudian bisa seperti teh. Bisa dikonsumsi saat perut kosong.

Namun, Tebak mengingatkan bahwa ibu hamil dan orang dengan kondisi tertentu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin meminum rebusan daun kelor.m

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: