4 Tips Merawat Tanaman Merambat Agar Tidak Merusak Dinding dan Terjaga Keindahannya

4 Tips Merawat Tanaman Merambat Agar Tidak Merusak Dinding dan Terjaga Keindahannya

4 Tips Merawat Tanaman Merambat Agar Tidak Merusak Dinding dan Terjaga Keindahannya-Popmama.com-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Tanaman merambat merupakan jenis tanaman hias yang seringkali digunakan sebagai dekorasi luar rumah untuk mempercantik kesan hunian.

Tanaman merambat memiliki berbagai macam jenis. Bagi kamu yang ingin memelihara tanaman rambat di depan rumah, sebaiknya pilihlah tanaman rambat yang aman dan tidak merusak tembok.

Sebab, perlu kamu ketahui bahwa memelihara tanaman rambat membutuhkan perawatan yang ekstra. Diantaranya tanaman rambat yang cantik dan tidak merusak dinding adalah tanaman Ivy, Mandevilla, daun dollar, dan morning glory.

Jika kamu memilih jenis tanaman rambat yang salah akan berakibat fatal. Alih-alih ingin mempercantik bagian luar rumah, malah akan berakibat merusak dinding dan rumah tampak kotor juga kusam.

BACA JUGA:Buat Halaman Rumah Jadi Lebih Cantik dan Hijau, Ini Dia Rekomendasi Tanaman Rambat Yang Tidak Merusak Tembok

Cara merawat tanaman merambat yang paling penting adalah pemangkasan. Tanaman rambat yang tumbuh di lingkungan yang cukup besar, memerlukan pemangkasan rutin agar tetap bisa tumbuh dengan sehat, produktif, menarik dan terkendali.

Berikut ini beberapa tips merawat tanaman rambat agar tumbuh cantik, indah dan tidak merusak dinding, yaitu:

1. Pastikan tanaman rambat tidak menjalar ke bagian rumah seperti jendela, talang air, atap atau sebagainya. Lakukan pemeriksaan secara berkala.

2. Pangkas tanaman secara teratur untuk mencegah tanaman terlalu berat dan rimbun. 

BACA JUGA:Jadi Tanaman Hias Populer, Apakah Sirih Gading Beracun? Ternyata Ini Dampak Racunnya!

Beberapa jenis tanaman rambat bisa tumbuh sangat cepat. Oleh karena itu pemangkasan sangat penting sebagai salah satu cara merawat tanaman merambat.

Seperti halnya tanaman pada umumnya, tanaman rambat juga memerlukan pemangkasan ranting-rantingnya untuk menstimulasi pertumbuhan tunas ranting baru agar mereka dapat tumbuh lebih lebat.

Pemangkasan jadi cara merawat tanaman rambat yang paling penting untuk menghasilkan tampilan yang rimbun dan indah. Apalagi ketika tanaman ini sudah mulai tumbuh tidak beraturan.

3. Pastikan sata menanam tanaman rambat, memberi jarak antara lubang menanam dengan tembok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: