Bandara yang Dibanggakan Erick Thohir Masuk 6 Terburuk di Dunia, 2 Lagi dari Indonesia

Bandara yang Dibanggakan Erick Thohir Masuk 6 Terburuk di Dunia, 2 Lagi dari Indonesia

Sejumlah bandara di Indonesia masuk dalam daftar yang terburuk di dunia. -Arie Dwi Utomo/Ist-radarkuningan.com

BACA JUGA:Penerbitan Obligasi Daerah untuk Penunjang Bandara Kertajati Dikaji Ulang, Apakah Sudah Perlu?

Penilaian ini dipublikasikan oleh lembaga konsumen penerbangan AirHelp. Lembaga ini  merilis daftar bandara terbaik dan terburuk di dunia. Ada 3 bandara di Indonesia masuk ke dalam daftar sepuluh bandara terburuk di dunia.

Seperti yang lembaga itu rilis pada 5 Desember 2023. Sebanyak 194 bandara internasional di dunia masuk dalam penilaian itu.

Ada beberapa kriteria penilaian. Di antaranya soal ketepatan waktu pemberangkatan, kepuasan pelanggan, dan fasilitas pelengkap di dalamnya. Juga dinilai  toko dan gerai kuliner sebagai fasilitas bandara. 

Penilaian dilakukan melalui survei dari 1 Januari hingga 30 September. Ada sekitar  15.800 penumpang yang menjadi obyek survei.

BACA JUGA:Rute Baru Bandara Kertajati, Incar Surabaya, Singapura hingga Negara-negara di Timur Tengah

Posisi teratas sebagai yang terbaik ditempati oleh Bandara Internasional Muscat (Oman). Kemudian diikuti Bandara Internasional Recife/Guararapes-Gilberto Freyre (Brasil) pada posisi kedua. Sedangkan peringkat ke-3 adalah Bandara Internasional Cape Town (Afrika Selatan).

Ini yang menyedihkan. Ada 3 bandara internasional di Indonesia justru menempati posisi 10 terbawah. 

Paling buruk adalah Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bandara ini dinobatkan menjadi bandara terburuk di dunia 2023.

Bandara Syamsudin Noor mendapatkan 6,39 poin secara keseluruhan. Rinciannya, ketepatan waktu pemberangkatan terbilang rendah dengan hanya 6,39 poin.

BACA JUGA:Jadwalkan Liburan Akhir Tahun! Berikut 6 Rekomendasi Tempat Wisata Kuningan Dekat dari Bandara Kertajati

Kepuasan pelanggan juga hanya mendapat 5,2 poin. Kemudian, fasilitas bandara seperti kelengkapan outlet pendukung mendapatkan poin cukup tinggi, yakni 8.

Bandara yang dibanggakan Erick Thohir, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali juga masuk daftar 10 terbawah. Bandara ini menempati posisi 189 atau 6  terbawah.

Secara keseluruhan, bandara ini hanya mendapatkan 6,55 poin. Tingkat keterlambatan pemberangkatan terbilang tinggi dengan hanya 5,5 poin yang diraih.

Yang membanggakan, bandara ini mendapatkan poin cukup tinggi untuk urusan kepuasan pelanggan dan fasilitas pelengkap. Masing-masing kategori mendapatkan 7,9 dan 8,3 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: