Arung Jeram di Sungai Cipunegara, Wisata Air Terbaik di Subang, Cocok untuk Liburan Nataru

Arung Jeram di Sungai Cipunegara, Wisata Air Terbaik di Subang, Cocok untuk Liburan Nataru

Sagara Riverside Rafting bisa menjadi pilihan untuk arung jeram di Sungai Cipunagara. -Yogi Irfandi-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Bagi yang belum memiliki agenda liburan saat Natal dan Tahun Baru (Nataru), datang saja ke Subang, Jawa Barat. Banyak pilihan wisata di daerah ini.

Di antaranya ada wisata air terbaik di Kabupaten Subang. Yakni menikmati arung jeram di Sungai Cipunegara.

Memang nama ini tampak masih asing untuk kegiatan arung jeram atau rafting. Namun sesungguhnya sangat asyik. Apalagi kalau berarung jeram bersama keluarga atau teman kerja, merupakan pengalaman yang sulit dilupakan.

Airnya yang masih jernih. Pemandangan alam di sekitar sungai masih asri dan menakjubkan. Ada tampak perswahan, dinding batu cadas, hingga menyusuri berafting melalui bawah jembatan gantung yang terbuat dari bambu.

BACA JUGA:Inilah 5 Fakta Unik Tanaman Sirih Gading yang Perlu Kamu Ketahui, Bisa Bawa Keberuntungan?

Kira-kira perjalanan baru 100 meter saja, sudah disambut bergelayutan ribuan kelelawar di bawah jembatan. Seolah kelelawar-kelelawar itu memberi ucapan selamat datang di Sungai Cipunegara.

Di tengah perjalanan, juga bisa menikmati beberapa air terjun deras. Air terjun ini gemerincik di bebatuan, persis di samping balon perahu.

Selain bebatuan besar di antara air Cipunegara yang deras, juga banyak pohon kelapa dan waru yang tampak menyilang di atas sungai. Hal tersebut menambah indah sungai yang masih asri ini.

Harus diakui, arung jeram di Sungai Cipunegara memang tidak seterkenal sungai-sungai lain. Misalnya Sungai Serayu di Banjarnegara Jawa Tengah. Atau di Pangalengan Kabupaten Bandung.

BACA JUGA:Mengajarkan Anak dalam Keamanan Online dalam Permainan di PlayStation

Walau belum terkenal, sungai ini tak kalah menantang untuk digunakan berwisata air arung jeram. Apalagi bagi yang tidak suka dengan keramaian, arung jeram ini bisa menjadi pilihan.

Cipunagara merupakan sungai sepanjang hampir 150 kilometer. Hulu sungai ini terletak di Gunung Bukit Tunggul dengan ketinggian kurang lebih 1.600 meter di atas permukaan laut.

Sungai Cipunagara sendiri mengalir ke arah pantai utara Pulau Jawa dan bermuara di Laut Jawa. Melintasi tiga kabupaten, yakni Subang, Sumedang, dan Indramayu.

Di hulu Sungai Cipunagara terdapat sebuah danau alami atau yang sering disebut situ. Situ tersebut bernama Cipabeasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: