Ternyata Ini 5 Penyebab Kucing Makan Rumput, Apakah Berbahaya?

Ternyata Ini  5 Penyebab Kucing Makan Rumput, Apakah Berbahaya?

kucing makan rumput-freepik-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Kucing adalah salah satu hewan karnivora, tapi pernahkan anda melihat Kucing makan rumput? ternyata hal ini sudah biasa lho.

Kucing peliharaan anda mungkin juga makan rumput karena kondisi kesehatan seperti kekurangan vitamin atau cacingan.

Namun, kenyataannya masih belum sepenuhnya dipahami mengapa kucing memakan rumput. Faktanya, ada banyak hal yang dilakukan kucing yang misterius atau aneh.

Meskipun para ahli belum mengetahui secara pasti mengapa kucing memakan rumput.

Namun ada beberapa pendapat yang banyak di percayai bahwa ada beberapa alasan kucing makan rumput sebagai makanannya.

BACA JUGA:Kenali 6 Cara Kucing Berterimakasih Kepadamu, Ternyata Ini Yang Dilakukan Oleh Anabul

Berikut Penyebab Kucing Makan Rumput

1.Anemia

Anemia pada kucing adalah kekurangan sel darah merah dalam sistem peredaran darah. Sel darah merah ini mengandung zat besi dan membantu mengambil dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai masalah seperti gizi buruk, kehilangan darah, atau rusaknya sel darah merah karena penyakit yang mendasarinya.

Beberapa gejala lain selain makan rumput antara lain memakan makanan bukan makanan (pica), lesu, kehilangan nafsu makan dan berat badan, gusi pucat, lemas, dan penyakit kuning (kulit kuning di dalam telinga).

2.Memuntahkan Bola Rambut

Semua kucing kadang-kadang mengalami hairball, tetapi beberapa kucing dengan bulu panjang mungkin terus-menerus mengalami masalah hairball.

Sering kali, kucing-kucing ini kesulitan mengeluarkan bola rambut tersebut dan mereka mungkin memakan sesuatu (seperti rumput) yang akan membuat mereka muntah untuk membantunya mengeluarkan bola rambut tersebut.

Rumput membuat kucing muntah karena sistem pencernaannya tidak mampu mencerna bahan nabati seperti rumput.

Makan rumput dan muntah dengan cara ini tidak berbahaya atau membahayakan kucing Anda dengan cara apa pun dan tidak ada alasan untuk mengunjungi dokter hewan jika Anda tahu bahwa kucing Anda hanya melakukannya untuk menghilangkan bola rambut.

BACA JUGA:Berikut Ini 5 Urutan Ras Kucing Tertua di Dunia yang Sudah Ada Sejak 4000 Tahun Lalu

3.Defisiensi Vitamin (asam folat)

Rumput mengandung asam folat (yang merupakan vitamin B) serta nutrisi lainnya, jadi jika kucing Anda kekurangan vitamin apa pun, ia mungkin memutuskan untuk mengemil rumput. Asam folat penting dalam menghasilkan oksigen dan pertumbuhan yang tepat. Kekurangan asam folat juga bisa menyebabkan anemia.

4.Memuntahkan Makanan Asing

Mirip dengan bola rambut, beberapa kucing akan memakan rumput karena mereka perlu memuntahkan sesuatu dalam sistem tubuhnya seperti tulang dari mangsa yang telah mereka makan. Rumput tidak dapat ditoleransi oleh sistem pencernaan dan akan segera menimbulkan keinginan untuk muntah pada sebagian besar kucing.

BACA JUGA:Ternyata Inilah Alasan kenapa Kucing Takut Air, Bukan karena Kedinginan!

5.Kenikmatan

Kucing terkadang melakukan hal aneh, hanya karena mereka bisa. Mereka mungkin menyukai rasa rumput atau mungkin hanya bermain-main dengannya karena rumput itu bergerak. Tidak ada salahnya melakukan kegiatan ini.

Makan rumput biasanya bukan masalah serius dan seringkali tidak perlu diobati kecuali disertai gejala lain seperti kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, dan kelemahan.

Jika kucing Anda kekurangan vitamin, Anda perlu membawanya ke dokter hewan. Dokter hewan akan memeriksa kucing Anda dan melakukan beberapa tes untuk mengetahui mengapa kucing Anda kekurangan vitamin dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

BACA JUGA:Ternyata Inilah 5 Alasan Kenapa Mata Kucing Berair, Tanda Anabul Tidak Baik-Baik Saja!

Dokter hewan juga perlu memeriksakan kucing Anda jika Anda yakin ia menderita anemia. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik lengkap serta pemeriksaan darah dan urin untuk mengetahui penyebab anemia tersebut.

Jika kucing Anda makan rumput hanya untuk memuntahkan bola rambut atau benda non-makanan lainnya, atau hanya karena dia bisa, Anda tidak perlu melakukan apa pun.

Sekian artikel mengenai penyebab kucing makan rumput, semoga membantu wawasan anda mengenai kucing.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: