Kisah Kampung Mati di Kuningan yang Ditinggal Penduduk karena Hal Ini

Kisah Kampung Mati di Kuningan yang Ditinggal Penduduk karena Hal Ini

Kisah kampung mati di Kabupaten Kuningan karena bencana alam.-Ghodel17/ist-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Kabupaten Kuningan memiliki kampung mati yang harus ditinggal oleh penduduk sejak tahun 2016 silam.

Setelah 7 tahun tidak berpenghuni, kampung mati ini tentu memberi kesan horor. Apalagi rumah warga yang dulu dihuni, ditinggalkan begitu saja.

Kampung yang berjuluk desa mati tersebut adalah Dusun Cimeong, desa Cipayung Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Desa ini, harus ditinggalkan penduduk karena bencana alam yang terjadi pada tahun 2016. Kawasan ini, termasuk rawan pergerakan tanah. Sehingga dianggap tidak layak huni.

BACA JUGA:Kampung Mati di Kabupaten Kuningan, 1 Dusun Hanya Dihuni 2 KK, Dikelilingi 79 Rumah Kosong

Imbasnya pasca kejadian di tahun 2016, warga harus mengikuti program relokasi. Imbasnya, tempat tinggal mereka yang lama kosong tak berpenghuni.

Suasana di desa mati tersebut kini sudah banyak tertutup ilalang. Pepohonan yang tidak terurus dan rumah warga yang rusak berat karena ditinggalkan. 

Begitu suramnya dusun mati tersebut, tergambar dari situasi dan kondisinya. Dusun Cimeong berada di daerah pegunungan. Untuk mencapainya begitu sulit, harus jalan menanjak. 

Sementara akses jalan menuju kampung ini sudah rusak parah. Bahkan sekarang jalan tersebut sudah ditumbuhi semak belukar yang tinggi. 

BACA JUGA:Rekreasi dan Terapi di Destinasi Wisata Ciwidey, Terdapat 3 Pemandian Air Panas Dengan Nuansa Alam

Juga tampak pepohonan yang lebat, sehingga menyulitkan siapapun untuk menjangkau dusun itu. Pohon-pohon tersebut sudah menutupi sebagian besar bekas pekarangan warga. 

Rumah-rumah yang ditinggal para penghuninya pun sudah rusak dan terbengkalai. Tampak temboknya yang sudah mengelupas. Atapnya sudah tak ada lagi.

Dulu, penduduk desa ini sebagian besar adalah petani. Sehingga setelah bencana tersebut, tak mau jauh dari lahan garapan mereka. 

Karena itu, warga dusun tersebut hanya direlokasi mendirikan rumah ke dusun terdekat. Yakni Dusun Mekarsari yang masih dalam wilayah Desa Cilayung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: