3 Kali Gempa Sumedang 31 Desember 2023, Bikin Dinding Terowongan Tol Cisumdawu Retak, Lalu Lintas Masih Aman

3 Kali Gempa Sumedang 31 Desember 2023, Bikin Dinding Terowongan Tol Cisumdawu Retak, Lalu Lintas Masih Aman

Gempa Sumedang menyebabkan retakan kecil pada terowongan kembar Tol Cisumdawu.-Istimewa - Kolase-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Rentetan 3 kali gempa bumi di Kabupaten Sumedang memicu terjadinya kerusakan pada sejumlah bangunan.

Gempa bumi tektonik yang terjadi pada Minggu, 31 Desember 2023 diawali dengan kekuatan magnitudo 4.1 berpusat di 6.48 LS dan 107.93 BT pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa tektonik kedua berkekuatan M 3.4 pada kedalaman 6 kilometer berada di titik 6.84 LS dan 107.34 BT. 

Yang ketiga (main shoke) atau M 4.8 berdekatan dengan pusat gempa bumi sebelumnya yakni di 6.85 LS dan 107.94 BT dengan kedalaman 5 kilometer.

BACA JUGA:Beredar Info Gempa Susulan di Kabupaten Sumedang, BPBD Sampaikan Fakta Ini: Jangan Percaya

Berdasarkan hasil analisa Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), kejadian gempa bumi ini diperkirakan akibat aktivitas sesar aktif Cileunyi - Tanjungsari.

Hal itu disimpulkan berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi dan kedalaman dari data BMKG.

Sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa ada indikasi sesar baru yang belum terpetakan menjadi pemicu terjadinya gempa.

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) sejauh ini menyatakan bahwa terjadi kerusakan pada bangunan RSUD Sumedang dan retak kecil pada terowongan Tol Cisumdawu atau twin tunnel.

BACA JUGA:Ternyata Sumedang Termasuk Wilayah Rawan Gempa, Ada Sesar Aktif Cileunyi - Tanjungsari

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari,  mengungkapkan bahwa BPBD setempat telah melakukan kaji cepat situasi dan mendata dampak kerusakan di lapangan.

Kaji cepat dilakukan dengan laporan visual yang sementara didapatkan terjadi kerusakan ringan hingga sedang di beberapa rumah dan sekolah khususnya di daerah Babakan Hurip, Sumedang.

"Gempa bumi yang M 4.8 (ketiga) menyebabkan adanya sedikit keretakan di dinding Terowongan Kembar Tol Cisumdawu," kata Abdul Muhari, dilansir dari Antara.

Pihak pengelola melakukan asesmen dan tindakan lainnya yang dianggap perlu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: