Salah Satu Pusat Gempa Sumedang Ada di Dekat Tol Cisumdawu

Salah Satu Pusat Gempa Sumedang Ada di Dekat Tol Cisumdawu

Salah satu pusat gempa atau episenter di Kabupaten Sumedang berada di dekat Tol Cisumdawu. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Salah satu dari 3 pusat gempa bumi di Kabupaten Sumedang, berada di dekat Jalan Tol Cisumdawu.

Kabupaten Sumedang diguncang 3 kali gempa bumi tektonik pada Minggu, 31 Desember 2023 sejak sore hingga malam hari. 

Gempa tektonik pertama dengan kekuatan 3,3 magnitudo berada dekat lintasan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu). 

Kemudian gempa kedua berada di kawasan  perbukitan dengan kekuatan 4,8 magnitudo, dan gempa bumi ketiga berada di dekat pusat Kota Sumedang dengan kekuatan 4,1 magnitudo.

BACA JUGA:6 Tanda Cinta Kucing Kepadamu Yang Jarang Di Sadari, Ternyata Buat Terharu!

Rentetan kejadian gempa tersebut juga turut membuat terowongan kembar atau twin tunnel Tol Cisumdawu retak.

Dari hasil assesment visual terlihat ada 3 bagian retak pada dinding terowongan kembar Jalan Tol Cisumdawu. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan, berdasarkan peta seismitas 2008-2023 lokasi episenter gempa di Kabupaten Sumedang sebenarnya memiliki seismitas rendah.

Kendati demikian, pada19 Desember tahun 1972 Kabupaten Sumedang memang pernah diguncang gempa kerak dangkal berkekuatan 4,5 magnitudo itu, menyebabkan kerusakan di Cibunar, Rancakalong dan Sumedang.

BACA JUGA:Mengenal 5 Tanda Kucing Senang Bermain Dengan Pemiliknya, Apa Kucingmu Termasuk?

Daryono menambahkan episenter gempa Sumedang berdekatan dengan jalur sesar Cileunyi - Tanjungsari. Sehingga kejadian gempa ini, kuat dugaan terusan dari sesar Cileunyi - Tanjungsari. 

Merujuk pada data BMKG, lokasi pusat gempa bumi terletak di darat pada koordinat 107,94 BT dan 6,85 LS, berjarak sekitar 1,5 km timur Kota Sumedang, Provinsi Jawa Barat, dengan magnitudo (M4,8) pada kedalaman 5 km.

Sebelumnya stasiun BMKG pada hari yang sama juga mencatat kejadian gempa bumi pada pukul 14:35:34 WIB dengan magnitudo (M4,1) dan pukul 15:38:10 WIB dengan magnitudo (M3,4). Adapun stasiun USGS Amerika Serikat dan GFZ Jerman tidak mencatat kejadian ini. 

Lokasi pusat gempa bumi terletak di darat di wilayah Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Morfologi daerah sekitar pusat gempa bumi merupakan dataran hingga dataran bergelombang, setempat lembah, perbukitan bergelombang hingga perbukitan terjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: