Kondisi Terkini Terowongan Tol Cisumdawu, Bukan Retak Tapi Kotoran Sarang Laba-laba

Kondisi Terkini Terowongan Tol Cisumdawu, Bukan Retak Tapi Kotoran Sarang Laba-laba

Petugas PT CKJT membersihkan sarang laba-laba pada terowongan kembar Tol Cisumdawu yang sebelumnya dikira retak. -PT CKJT-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Kondisi terkini terowongan Tol Cisumdawu atau twin tunnel yang disebut tidak mengalami retak pasca gempa di Kabupaten Sumedang, Minggu, 31, Desember 2023.

Pada publikasi PT Citra Karya Jabar Tol (PT CKJT) disebutkan bahwa terowongan Jalan Tol Cisumdawu tidak mengalami retak.

Yang terjadi sesungguhnya adalah kotoran bekas sarang laba-laba. Adanya bagian kotor tersebut lantas dikira terjadi retak.

"Jadi ternyata yang dikira retak hanyalah kotoran bekas sarang laba-laba," tulis keterangan PT CKJT sembari membagikan video petugas sedang membersihkan bagian kotor pada twin tunnel tersebut, Senin, 1, Januari 2024.

BACA JUGA:Desa Tertua di Kuningan Ini Ganti Nama karena Lintah Raksasa Penghisap Darah, Mati Ditusuk Awi Ampel Koneng

PT CKJT juga menyatakan bahwa Tol Cisumdawu aman dilewati. Termasuk terowongan kembar. Apalagi sudah dilakukan pengecekan oleh ahli dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR). 

"Semuanya aman, dapat dilalui seperti biasa karena sudah dicek oleh ahlinya," demikian keterangan pengelola Jalan Tol Cisumdawu.

Seperti diketahui, informasi terowongan Tol Cisumdawu retak dibagikan pasca 3 kali gempa bumi tektonik di Kabupaten Sumedang. 

Gempa tektonik tersebut terjadi sejak sore hingga malam hari, dengan 3 kali kejadian dan kekuatan bervariasi.

BACA JUGA:Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Aman Dilewati, Hanya Perlu Perbaikan Minor

Pasca gempa tektonik kerak dangkal tersebut, sempat dilaporkan berdasarkan assesment visual bahwa ada kerusakan pada beberapa bangunan.

Yakni di RSUD Sumedang dan retak di terowongan kembar Jalan Tol Cisumdawu. Namun, kini keterangan terjadi retakan tersebut dibantah oleh pengelola.

Terkait dengan gempa tektonik di Kabupaten Sumedang dan terowongan kembar atau Twin Tunnel Tol Cisumdawu juga telah dilakukan pengecekan dan dinyatakan aman.

"Hari ini kami melakukan pengecekan bersama dengan tim teknis dari Bina Marga (Kementerian PUPR)," kata Direktur Teknik PT CKJT, Bagus Medi Suarso salam siaran pers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: