Kampung Tertinggi Ini Dijuluki Nepalnya Majalengka, Dikelilingi Lembah Panyaweuyan dan Bukit Mercury

Kampung Tertinggi Ini Dijuluki Nepalnya Majalengka, Dikelilingi Lembah Panyaweuyan dan Bukit Mercury

Kampung tertinggi di Kabupaten Majalengka yang dijuliki Nepal van Java.-Istimewa-radarkuningan.com

BACA JUGA:5 Cara Merawat Tanaman Sirih Gading Gantung, Menjadikan Kesuburan dan Kesehatan Tanaman Sirih Gading

Keberadaan Kampung Cibuluh yang dinilai memiliki kemiripan dengan Desa Sherpa di Nepal. Juga dikelilingi oleh lembah Panyaweuyan.

Desa ini sekarang sudah dijadikan destinasi wisata, baik bagi masyarakat Majalengka aataupun masyarakat luas. Ada yang dari Cirebon, Bandung dan Jakarta.

Keindahan alam yang tersaji di daerah ini dapat dijadikan sebagai spot foto bagi pengunjung. Kemudian suasana yang berada di lereng Gunung Ciremai juga sangat indah sekali

Dusun yang indah itu didiami oleh masyarakat yang pada umumnya bermatapencaharian sebagai petani. Mereka mengelola lahan pertaniannya dengan menanam sayur seperti wortel, kentang, bawang dan kol. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Sumedang Kembali Diguncang Gempa Susulan, Kekuatan 2,7 Magnitudo

Nah, lahan pertanian mereka ini juga bisa dijadikan sebagai pembelajaran bagi pengunjung. Terutama bagi yang ingin mencoba bertani sayuran.

Selain itu, lokasi tanaman sayur mayur itu, juga bisa menjadi destinasi wisata. Ditambah hasil pertanian berupa sayuran juga bisa dijadikan sebagai wisata kuliner.

Tentu, jika dikola dengan baik, wisata kukiner di dusun ini memiliki cita rasa khas. Berbagai kukiner pun bisa diidahkan di dusun ini. Mulai masakan, camilan ataupun kuliner lainnya.

Bahkan, suatau ketika, dengan pemandangan pegunungan dan perbukitan, masyarakat setempat juga bisa membuat villa atau penginapan. Tempat tersebut bisa dijadikan sebagai pilihan peristirahatan bagi pengunjung yang ingin bermalam di Cibuluh.

BACA JUGA:Pengalaman jadi Korban One Way Tol Cipali, Petugas Tidak Kelihatan, Urusan Lalu Lintas Diserahkan ke Pak Ogah

Pemukiman warga yang ada di Kampung Cibuluh ini terbilang cukup baik. Desainnya sangat teratur.

Di dusun itu sudah ada fasilitas seperti masjid. Jika ditambah fasilitas lainnya, semakin menarik minat pengunjung untuk bertandang ke kampung ini.

Masyarakat bisa menjadikan lahan pertanian mereka sebagai media pembelajaran bagi pengunjung. Kemudian masyarakat juga bisa mendirikan tempat di beberapa lokasi untuk dijadikan sebagai spot foto.

Keberadaan Dusun Cibuluh yang dikelilingi oleh Lembah Panyaweuyan, bisa dijadikan peluang yang lain. Di antaranya jasa transportasi bagi pengunjung. Hal itu, selain sebagai pelayanan, juga sangat  mempermudah akses dari kota ke Cibuluh ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: