Hasil Survei LSI, Prabowo - Gibran Masih Unggul di Jawa Timur, Kemungkinan Pilpres 2 Putaran

Hasil Survei LSI, Prabowo - Gibran Masih Unggul di Jawa Timur, Kemungkinan Pilpres 2 Putaran

Hasil survei LSI di Provinsi Jawa Timur.-Istimewa - Tangkapan Layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Pasangan calon presiden - calon wakil presiden (capres - cawapres), Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, masih unggul dalam survei di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang melakukan survei untuk pemilihan presiden dan pemilihan legislatif (pilpres - pileg) menemukan fakta menarik.

Dalam press release kepada media, Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan, menggunakan simulasi tertutup pasangan Prabowo - Gibran masih unggul dengan 46,3 persen.

Disusul dengan pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan 25,9 persen dan pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan 16 persen.

BACA JUGA:KUR BRI 2024 Apakah Masih Ada? Simak Penjelasan Lengkap di Sini

Dari survei tersebut diketahui masih ada 11,8 persen masyarakat yang belum menentukan pilihannya atau swing voters.

Sedangkan dalam simulasi survei menggunakan surat suara, hasil perolehan juga hampir sama yakni Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar 16,2 persen, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming 46,7 persen dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD 26,6 persen.

Yang cukup berbeda adalah angka swing voters atau pemilih yang tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 10,4 persen.

Djayadi menambahkan, dengan hasil survei ini, kemungkinan besar Pilpres 2024 akan berlangsungg 2 putaran.

BACA JUGA:Mengenal 3 Jenis KUR Bank BRI 2024, Limit Pinjaman Bisa Sampai Rp 500 Juta, Mana yang Cocok untuk Usahamu?

"Kemungkinan pilpres akan terjadi 2 putaran dan yang masuk putaran kedua adalah Prabowo - Gibran dan Ganjar - Mahfud," kata Djayadi.

Kendati demikian, dia menggarisbawahi bahwa survei ini adalah untuk Provinsi Jawa Timur. Survei menggunakan lokus ini, karena daerah penting yang akan sangat menentukan.

Berkaca dari tahun 2019, suara pemilih di Jawa Timur sangat menentukan kemenangan dari pasangan Joko Widodo - Maruf Amin yang berhadapan dengan Prabowo Subianto - Sandiaga Salahudin Uno.

Pemilihan lokus survei di Provinsi Jawa Timur juga tidak lepas dari jumlah penduduk di provinsi tersebut yang mencapai 31 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: